PILIHAN REDAKSI

PJ Bupati Mentawai Survei Lokasi Lahan Hanpang 68 Hektar di Dusun Sila'oinan

INFO|MENTAWAI - Untuk meningkatkan ketahanan pangan di wilayah, Pj Bupati Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak survei lokasi pembukaan ...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Pesantren Ramadhan Program Konkrit yang Harus Sukses Dilaksanakan

Ketua DPRD Kota Padang Elly Thrisyanti Secara Simbolis Memasangkan Kokarde Kepada Dua Peserta Pesantren Ramadan di Masjid Shuhada Kelurahan Koto Baru Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung
INFO (PADANG) - Pembukaan serentak kegiatan pesantren ramadhan 1439 H /2018 M, yang di ikuti santriwan /ti, tingkat SD/MI (kelas Empat hingga kelas Enam) dan SMP/MTs sederajat (hingga kelas Sembilan) se Kota Padang,pada Senin (21/5/2018) di Kelurahan Koto Baru Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung resmi dibuka.
Pembukaan dan peresmian kegiatan pesantren ini dilakukan Ketua DPRD Kota Padang Elly Thrisyanti yang diberikan amanah menggantikan Pjs Walikota Padang ,Alwis untuk menyampakan kata sambutan.

Pembukaan yang dilangsungkan serentak se Kota Padang ini dilaksanakan usai shalat subuh berjamaah. Kegiatan pesantren ini dilaksanakan serentak di 104 kelurahan dimulai 21 Mei hingga 2 Juni 2018. Adapun tema yang menjadi acuan dalam pelaksanaan pesantren ramadahan tahun 2018 ini adalah “ Membentuk Generasi Rabbani yang Terbebas dari Maksiat”

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Kota Padang Elly Thrisyanti menyampaikan, alhamdulillah untuk pembukaan pesantren ramadhan 1439 H/2018 M di Kelurahan Koto Baru Nan XX ini saya diberi amanah olwh Pjs Walikota Padang untuk menyampaikan sambutan pada pembukaan pesantren ramadhan di Masjid Shuhada ini.

Adanya kesadaran masyarakat dalam membentengi akidah serta moral generasi muda dan kewajiban pemerintah yang secara tertuang dalam visi membangun Kota Padang,khususnya peningkatan kegiatan keagamaan yang berkualitas, maka pesantren ramadhan adalah program konkrit yang harus sukses dilaksanakan.Mulai dari perencanaan konsep kurikulum,pembekalan panitia dan penyelenggara pelaksana hingga monitoring dan evaluasi pasca pelaksanaan 

Elly menyampaikan ,dalam rangka memaksimalkan pembentukan prilaku generasi muda,iman yang kokoh,maka peran lembaga pendidikan dan keluarga menjadi strategis.Kombinasi harmonis antara pemerintah,instansi terkait,masyarakat serta orang tua menjadi sangat penting dalam mensukseskan program pesantren ramadhan ini.

Perlu nya pemerintah mendorong program pesantren ramdahan ini melihat kenyataan peradaban dan tingkah laku anak bangsa indonesia secara umum ataupun masyarakat Sumatera Barat dan khususnya Kota Padang sedang berada pada kondisi yang mengkhawatirkan. Pembangunan dan kemajuan teknologi, mudahnya akses informasi belum berfungsi untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan, tetapi malah memberi ruang yang begitu luas bagi anak -anak yang belum memiliki pondasi kuat untuk mengakses menu dan situs -situs negatif dari kemajuan teknologi tersebut.

Kondisi yang terjadi pada anak anak kita cenderung mengikuti budaya serta pemikiran yang tidak sesuai dengan nilai nilai agama dan budaya lokal,budaya minangkabau sesuai falsafah nya adalah masyarakat nya yang beradat ‘’Adat Basandi Syarak,Syarak Basandi Kitabullah” .Untuk itu pemerintah mendorong pelaksanaan pesantren ramadhan kali ini lebih baik dari tahun tahun sebelumnya .

”Namun keberhasilan itu lebih ditentukan oleh partisipasi peserta didik pesantren ramadhan ,support dan partisipasi aktif setiap warga Kata Padang. Peranan dari orang tua sangat perlu sekali untuk mendorong dan mengawasi anak anak kita untuk aktif mengikuti pesantren .Kemudian kita menghimbau masyarakat Kota Padang agar bisa menjaga keamanan, ketentraman dalam bulan ramdhan ini dan berharap Masjid Shuhada ini menjadi Masjid terbaik dalam penyelenggaraan pesantren ramadhan kali ini,”pungkas Kader Gerindra Kota Padang ini. 

Selain itu Elly juga menyampaikan rasa bersyukur sekali alhamdulillah pada kesempatan tersebut dirinya selaku wakil rakyat di DPRD Kota Padang dari Dapil III [Kecamatan Lubuk Begalung, Bungus Teluk Kabung dan Lubuk Kilangan,red ]bisa bertemu langsung dengan warga Kota Baru Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung. Selaku wakil rakyat tentunya dirinya akan berusaha memperjuangkan aspirasi aspirasi dari masyarakat yang ada di dapil III.

Sementara Camat Lubuk Begalung Rosail Akhyariyang hadir dalam kesempatan itu menyampaikan, kita harus berbangga bahwakegiatan dan program pesantren ramadhan di Kota Padang ini menjadi percontohan bagidaerah lain. Selain itu dukungan yang sangat antusias dari masyarakat atas terselenggaranya kegiatan pesantren ramadhan ini. “Kita jugamenghimbau masyarakat untuk mengontrol anak anak kita yang mengikuti kegiatan pesantren ini, tolong tegur anak anak kita yang ada diluar. Sedangkan memberikan makan anak kucing saja bisa masuk surga, apalagi ini mendorong anak anak kita pada kegiatan yang sangat baik seperti ini.

Rosail Akhyari juga menyampaikan ,alhamdulillah pembukaan pesantren ramadhan disini dibuka oleh Ketua DPRD Kota Padang, ibu Elly Thrisyanti.Silahkan warga setempat lebih mengenal sosok Ketua DPRD Kota Padang yang kebetulan juga Dapil III Kecamatan Lubuk Begalung. “Warga nantinya bisa menyampaikan aspirasi, apa apa permasalahan yang ada di Kelurahan Koto Baru Nan XX ini,”pungkasnya.

Ketua BKS TPQ, Koordinator pelaksana pesantren ramadhan ,Zulmasri Samad menyampaikan untuk total keseluruhan dari peserta pesantren ramadhan SD/MI (kelas Empat hingga kelas Enam) dan SMP/MTs di Kelurahan Koto Baru Nan XX ada sebanyak 664 orang yang dilaksanakan di empat masjid dan dua mushalla.(INF7)




Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »