Press Release, #remajabermedia:
Pameran Multimedia UNCONSCIOUS

INFO (SOLOK) - Pada Kamis 17 Mei 2018 nanti, Gubuak Kopi bersama TKP Study Club akan menggelar pameran multimedia bertajuk UNCONSCIOUS (Tak Sadar). Pameran ini merupakan bagian dari program #remajabermedia yang digagas oleh Komunitas Gubuak Kopi dalam pengembangan dan pendidikan media terhadap remaja.

Tema pameran dengan tajuk Unconscious ini, merujuk pada perkembangan proses TKP Study Club dalam memahami cara kerja media melalui praktek fotografi dan video art. Selama berproses kurang lebih 3 bulan para partisipan diajak mengenal sejarah dan perkembangan media, cara kerja media, seni fotografi dan perkembangan terkininya.

Para remaja diajak membedah karya-karya fotografi dan video penting dunia (termasuk Indonesia), yang diakui oleh museum-museum seni kontemporer dunia. Selain itu para siswa juga diajak mengembangkan praktek fotografi setiap hari dan didiskusikan setiap minggunya untuk melatih kemampuan visual mereka. Secara tidak sadar bagasi (wawasan) dari proses ini telah mempengaruhi cara mereka dalam membingkai keadaan dan memori di sekitar mereka, dengan gaya visual yang khas.

TKP Study Club adalah kelompok belajar multimedia yang diikuti oleh sejumlah siswa di SMA N 2 Sumatera Barat. Kelompok ini terbentuk September 2017, sebagai partisipan dalam program Gerakan Seniman Masuk Sekolah yang dimentori oleh Albert Rahman Putra (Kurator/pegiat media/Komunitas Gubuak Kopi), dan Bana Barani (Guru/seniman) selaku asisten. Kelompok yang beranggotakan 20 orang siswa ini terus berproses dan mengembangkan kemampuan mereka dalam praktek seni multimedia, terutama fotografi dan video.

Kelompok ini telah menggelar pameran grup pertama pada Desember 2017 dengan tema kurasi SELF-CRITICAL. Tema ini secara khusus mengajak para remaja mengkritisi kebiasaan mereka sendiri dan sekitarnya melalui praktek fotografi dan video. Kelompok ini terus berproses dan bulan ini akan berpameran kembali di Gubuak Kopi, Art and Media Studies (Solok).

Pembukaan Pameran dan presentasi partisipan: Kamis, 17 Mei 2018. Pukul 15.00 WIB dan berlanjut hingga 19 Mei 2018. Pameran ini terbuka untuk umum, dengan jadwal kujungan setiap harinya, pukul 10.00 WIB - 21.00 WIB.

Komunitas Gubuak Kopi melalui program #remajabermedia ini mendukung aksi berkelanjutan remaja dalam mengembangkan praktek bermedia secara bijak. Dan mendorong munculnya kegiatan-kegiatan positif lainnya yang diinisiasi oleh remaja.

Teknologi dan segala perkembangan terkininya sering kali dimusuhi oleh para orang tua dan dewasa, yang melihat ini sebagai pemicu degradasi moral. Tidak fair rasanya kita selalu membangga-banggakan permainan kita masa lampau yang serba manual, tapi tidak kita wariskan pengetahuannya pada adik-adik kita. Barang kali karena sebagian besar kita juga sibuk menikmati perkembangan teknologi terkini, dan membicarakan nostalgia ini sebagai meme di media sosial.

Media dan segala perkembangannya hampir tidak dapat kita tolak, memberikan pendidikan tentang media itu sendiri saya kira dapat menjadi alternatif meredam ketakutan banyak orang terhadap dampak buruk media itu sendiri. Lebih dari itu, pendidikan media pada generasi kini juga kita harapkan memancing daya kritisnya dalam menentukan pemanfaatan medium ini secara bijak. Menjadikannya medium berkesenian adalah salah satu potensinya.

Delva Rahman
Koordinator Kegiatan
Kontak:081365439027// gubuakkopi@gmail.com

Albert Rahman Putra
Mentor TKP Study Club

 
Top