Foto Bersama Pengurus Dekopinda Kota Padang Periode 2016-2021 dengan Ketua Dekopinwil Sumbar Hendra Irwan Rahim .
Infonusantara (PADANG) - Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Padang periode 2016-2021 resmi dilantik oleh Ketua Dekopinwil Sumbar Hendra Irwan Rahim, pada Senin 5 Maret 2018 di Aula Auditorium RRI Padang. 


Penandatanganan SK Kepengurusan Dekopinda Kota Padang oleh Ketua Dekopinwil Sumbar Hendra Irwan Rahim dan Ketua Dekopinda Padang Wahyu Iramana Putra 
Dalam sambutannya Ketua Dekopinwil Sumbar, Hendra Irwan Rahim menyampaikan melalui kepengurusan Dekopinda Kota Padang yang di Ketuai oleh Wahyu Iramana Putra berharap dapat memberikan kemajuan kepada koperasi - koperasi yang ada di Kota Padang. 




Kita ketahui bahwa ada sekitar 729 koperasi yang ada agar bisa dilakukan edukasi melalui pelatihan pelatihan. Karena banyak koperasi koperasi tersebut saat ini yang kurang bagus atau kurang sehat perkembangannya bahkan ada yang tutup. Melalui pelatihan, pendidikan yang lebih baik kedepannya melalui koperasi kita harapkan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. 

Ketua Panitia Pelaksana Pelantikan Dekopinda Kota Padang Kompol Nur Aida .
Dengan makin membaik dan berkembangnya suatu koperasi kedepannya, hal ini juga merupakan salah satu cara dalam pengentasan kemiskinan.  Masyarakat yang bergabung dalam koperasi tentu dapat berperan dan menikmati apa apa saja yang menjadi program koperasi yang tentunya untuk meringankan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. 

"Semoga dengan dilantiknya kepengurusan Dekopinda Kota Padang periode 2016-2021 ini kedepan perekonomian masyarakat bisa lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud, " ujarnya 

Pjs Walikota Padang Alwis dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas telah dilantiknya Dewan Pengurus Koperasi Dekopinda Kota Padang Periode 2016-2021. 

Berharap melalui kepengurusan Dekopinwil Padang dapat menjadi motor penggerak bagi koperasi koperasi yang ada dikota Padang. Kita sangat apresiasi karena banyak pengurus dari Dekopinda ini adalah tokoh tokoh yang sangat luar biasa, para pengurus saya lihat adalah orang orang yang paham mengenai organisasi, '' ungkapnya.

Sementara Ketua Dekopinda Padang Wahyu Iramana Putra menjelaskan bahwa sesuai dengan Bab XI pasal 57 ayat 1 UU RI No. 25 tahun 1992 tentang Perkoperaian , disebutkan Koperasi secara bersama-sama mendirikan suatu organisasi tunggal yang berfungsi sebagai wadah untuk memperjuangkan kepentingan dan bertindak sebagai pembawa aspirasi Koperasi. Dalam penjelasannya disebutkan bahwa Organisasi dimaksud  adalah Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN)

Ditambahkan Wahyu,  sesuai UU No.25 tahun 1992 pasal 58 kegiatan Dekopin di antaranya memperjuangkan dan menyalurkan aspirasi Koperasi, meningkatkan kesadaran berkoperasi di kalangan masyarakat, antara lain dengan melakukan kegiatan penerangan , penyampaian informasi, penerbitan dan pembinaan kelompok usaha dalam masyarakat untuk diarahkan menjadi koperasi.

Juga melakukan pendidikan perkoperasian bagi anggota dan masyarakat serta mengembangkan kerjasama antar koperasi dengan badan usaha lain, baik pada tingkat nasional maupun internasional."Secara umum fungsi Dekopin bagi koperasi adalah untuk memfasilitasi, mengedukasi dan memberikan advokasi," tegas Wahyu.

Di bagian lain, Wahyu juga menghimbau semua koperasi yang ada di Padang untuk segera melakukan pendaftaran untuk menjadi anggota Dekopinda Padang. Sebab sesuai dengan fungsi utama Dekopin yakni sebagai fasilitator, supervisor, educator dan juga advocator, tentu akan sangat banyak manfaat yang bisa diperoleh koperasi yang menjadi anggota Dekopin.

"Sebagai contoh, Dekopinwil Sumbar misalnya saat ini sudah melakukan kerjasama dengan rekanan di Jepang untuk permintaan jagung dan tongkolnyo. Karena Dekopin bukan merupakan badan usaha dan karena itu tidak melakukan kegiatan usaha ekonomi secara langsung, maka koperasi yang menjadi anggotanya lah yang nanti akan memasok apa-apa yang menjadi kebutuhan dari kerjasama yang dilakukan Dekopin. Hal-hal seperti ini pulalah nanti yang akan dilakukan Dekopinda Padang,"  kata Wahyu yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Padang ini.

"Selain itu Ketua Dekopinda Padang yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Padang ini juga mengungkapkan, Dewan Koperasi Indonesia Daerah (DEKOPINDA) bakal membawa dampak positif untuk kemajuan koperasi, " pungkasnya 

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Pelantikan Dekopinda Kota Padang, Kompol Nur Aida menyampaikan , dalam pelantikan kepengurusan Dekopinda Kota Padang, saat ini ada sebanyak 32 orang dalam kepengurusan, dimana Ketua Dekopinda Padang di pimpin oleh H.Wahyu Iramana Putra, Se, Wakil H. Ansel M,si 

Dan ada Lima Bidang dalam kepengurusan Dekopinda Kota yang dimana Bidang Organisasi dan keanggotaan di Ketuai oleh H.Lincoln Alex, Drs.Marzuki Onmar Ketua Bidang Pendidikan, Pelatihan dan Kelembagaan, Jamur,SH,MH Ketua Bidang Advokasi dan Sosialisasi, Chandra Ketua Bidang Pertahanan Pangan, Maritim, Industri dan Perdagangan dan H.Syahrul, Se,Msi sebagai Ketua Bidang Permodalan dan Jasa Keuangan," paparnya.(In7)

Redaksi: Infonusantara.net



 
Top