Pelepasan Merpati Oleh Dua Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Padang Dalam Deklarasi Kampanye Damai Pilkada 2018 di Pantai Cimpago 

Infonusantara (PADANG)-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang menggelar deklarasi kampanye damai di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018. Deklarasi itu diikuti dua pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Padang, yakni nomor urut 1, Emzalmi-Desri Ayunda dan nomor urut 2, Mahyeldi-Hendri Septa. 

Kegiatan tersebut di gelar di Pantai Cimpago Kecamatan Padang Barat Kota Padang yang dimulai pada Minggu (18/2/2018) pukul 09.00 WIB. Masing-masing pasangan calon menandatangani deklarasi tersebut. Selanjutnya, dilakukan pawai keliling melewati jalan-jalan utama di Kota Padang. 

Dalam Deklarasi kampanye Pilkada damai kota Padang ini juga dihadiri oleh Vikon, Komisioner KPU Provinsi Sumbar. "Ya, setelah dekralasi kedua pasangan calon akan diarak keliling Kota Padang melewati jalan utama Kota Padang dan berkumpul kembali di lapangan Imam Bonjol Padang," katanya.

Deklarasi Kampanye Damai di ikuti oleh 171 daerah yang melaksanakan Pilkada serentak 2018. "Secara nasional target partisipasi pemilih di Sumbar harus mencapai 77,5 persen dan untuk Kota Padang pada pemilihan sebelumnya tergolong masih rendah yakni 54 persen partisipasi pemilih, oleh sebab itu diharapkan dengan adanya kampanye damai ini jumlah partisipasi pemilih bisa meningkat," ujar Vikon.

Selain itu, ia berharap kepada pasangan calon yang hadir untuk tidak melakukan kampanye hitam dan money politik. Kita mencari pemimpin Kota Padang yang berkualitas. "Sehingga cara yang dilakukan juga harus benar dan tidak menyalahi aturan undang undang yang berlaku," ujarnya.

Hadir pada kesempatan itu, Pjs Walikota Padang Alwis, Ketua DPRD Kota Padang Elly Thrisyanti, Sekdako Padang Asnel, Wakapolresta Padang AKBP Tommy Irawan.ll

Selain itu, juga dihadiri pimpinan partai politik pengusung pasangan Emzalmi- Desri Ayunda, yaitu Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai NasDem, PPP, PKB, dan PDIP, serta pimpinan partai pengusung pasangan Mahyeldi Ansharullah dan Hendri Septa, yaitu PKS dan PAN

Sementara Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Padang M Sawati, mengatakan rencananya deklari ini akan dilakukan pada 15 Februari 2018, namun sesuai arahan KPU pusat dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia hari ini, Minggu, 18 Februari 2018. 

"Kita berharap dalam pelaksanaan nanti pilkada ini tidak merusak persaudaraan diantara kita semua. Seluruh pihak harus menyukseskan pelaksanaan pilkada ini," kata dia. 

Sawati meminta masing-masing pasangan calon dan tim sukses, agar meraih simpati pemilih dengan cara-cara yang elok dan tak melakukan pelanggaran. Ia meminta, agar kampanye dengan cara-cara memproduksi hoax, kampanye bernuansa SARA, dan politik uang agar tidak dilakukan. 

"Raihlah simpati masyarakat dengan cara-cara yang elok sesuai aturan, jauhi hoax, kampanye SARA, dan politik uang," ungkapnya.

Redaksi: Infonusantara.net.
Foto      :  Hendra Theoneredaxi 

 
Top