PILIHAN REDAKSI

Kunjungi Bayi Penderita Anencephaly, Bupati Benny Dwifa Pastikan Biaya Perawatan Pemda yang Menanggung

  Bupati Sijunjung Benny Dwifa kunjungi bayi tanpa tempurung kepala (Anencephaly)di Jorong Taratak Baru,Nagari Padang Laweh Selatan. Minggu ...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Ustadz Doni Saputra, Lc.M.H Berhasil Meraih Peringkat I Dalam Ajang Penganugerahan Penyuluh Agama Islam Award

Ustadz Doni Saputra,Lc.M.H



INFONUSANTARA.NET, Sijunjung - Penyuluh Agama Islam (PAI) Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung, Doni Saputra, Lc.M.H berhasil meraih peringkat I dalam ajang Penganugerahan Penyuluh Agama Islam Award yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sumatera Barat tahun 2024.


Diketahui, peringkat I yang diperoleh Doni Saputra, Lc. M. H itu merupakan kategori Peningkatan Literasi Al-Qur’an dan berhasil mewakili Provinsi Sumatera Barat pada lomba penyuluh Award 2024 tingkat Nasional. 


Lomba tersebut diadakan di Pangeran City Hotel Padang dari tanggal 6 hingga 7 Mei 2024 lalu. 


Mengenali sosok Doni Saputra, Lc. M. H, beliau adalah Putra Daerah Kabupaten Sijunjung. Lahir di Nagari Tanjung 03 Februari 1988. Jenjang pendidikan Strata satu (S1) beliau selesaikan di Universitas Al-Azhar Mesir tahun 2011 dan  tahun 2020 meraih Magister Hukum Keluarga (S2)  di Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.


Ust Doni sapaan akrab beliau, sehari-hari bekerja sebagai penyuluh agama Islam Kementerian Agama Kabupaten Sijunjung wilayah penempatan pada KUA Kecamatan IV Nagari. 


Beliau sangat aktif di berbagai kegiatan penyuluhan keagamaan dan organisasi keagamaan di Kabupaten Sijunjung, dan beliau sangat dikenal luas oleh masyarakat.


Kepedulian Ust Doni yang tinggi kepada remaja yang kian hari semakin jauh dari Al-Quran, berhasil meraih hati ratusan remaja Nagari Palangki untuk tumbuh dan kembang bersama Al-Quran.


Usaha dan pengabdian beliau patut diacungi jempol, memulai pembinaan dari titik Nol hingga bisa meyakinkan hati para remaja untuk dekat dengan Al-Quran, dan selalu berupaya menjadikan nagari Palangki menjadi kampung penghafal Al-Quran.


Semoga beliau bisa melanjutkan capaian terbaiknya dalam pemilihan lomba Penyuluh Award Nasional 2024 sehingga menjadi inspirasi bagi masyarakat di Kabupaten Sijunjung.


Saat dikonfirmasi, Ust Doni Saputra, Lc. M. H membenarkan akan hal itu. “Ya, Alhamdulillah saya dipercaya mendapat penghargaan tertinggi dalam kategori “Peningkatan Literasi Al-Quran” pada Pemilihan Penyuluh Agama Islam Award tingkat Provinsi Sumatra Barat 2024,” ujar Ust Doni kepada MC Sijunjung. 


Pada perlombaan itu, katanya, mengangkat tema dengan judul “Peran Penyuluh Agama Dalam Upaya Mewujudkankan Kampung Penghafal AL-Quran di Nagari Palangki”. 


“Penghargaan hanyalah bonus yang datang setelah usaha. Tetaplah berbuat dan berdoa, meskipun tidak mendapatkan hadiah, pahala berdoa tetap ada,” tukas Putra Asli Ranah Lansek Manih itu. 


Bedasarkan informasi dari Website resmi Kementrian Agama RI, adapun kategori penghargaan yang diberikan sebagai berikut :

1.Peningkatan Literasi Al-Qur’an.
2.Pendampingan Kelompok Rentan.
3.Kesehatan Masyarakat.
4.Pemberdayaan Ekonomi Umat.
5.Penegakan Hukum.
6.Pelestarian Lingkungan.
7.Metode Penyuluhan Baru.
8.Penguatan Moderasi Beragama.Dicko(Danus)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »