PILIHAN REDAKSI

Bio Farma Kembangkan Program Budidaya Pisang: Program Empowerment TJSL Kepada Masyarakat Terdampak Pembangunan Waduk Jatigede

  Masyarakat Desa Mekarasih Kabupaten Sumedang menerima bibit pohon Pisang yang merupakan Program TJSL Bio Farma. INFONUSANTARA.NET -- Bio ...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Dukung Program Zero Stunting,Elly Thrisyanti Realisasikan Bantuan Sarpras Kebutuhan Ruang Laktasi di Dua Puskesmas di Kecamatan Lubuk Begalung

 

Anggota DPRD Kota Padang Elly Thrisyanti,SE.Akt di Puskesmas Lubeg Kelurahan Parak Laweh.



INFONUSANTARA.NET - Kepala Puskesmas (Kapus) Lubuk Begalung (Lubeg) Dr Sari Ramadhani meminta anggota DPRD Kota Padang Elly Thrisyanti untuk dapat merealisasikan relokasi bangunan Puskesmas Lubeg ke lokasi yang lebih baik lagi. Hal ini dikarenakan, keberadaan Puskesmas Lubeg pada saat ini tidak dapat melayani kunjungan pasien berdasarkan Permenkes no 43 tahun 2019 tentang puskesmas.


"Berdasarkan Permenkes tersebut, lokasi Puskesmas Lubeg tidak layak lagi. Hal ini disebabkan oleh minimnya lahan parkir, serta akses jalan yang sempit. Tentu ini menyulitkan bagi ambulance untuk membawa pasien dengan keadaan gawat darurat," ujarnya, Senin (5/12/2022).


Lebih lanjut, Sari Ramadhani meminta, melalui Pokir (Pokok Pikiran) dari anggota DPRD Padang, untuk dapat merealisasikannya. Apalagi, tingkat kunjungan pasien di Puskesmas Lubeg nomor dua terbanyak setelah Puskesmas Lubuk Buaya, Padang, dengan tingkat kunjungan rata-rata hampir 200 pasien setiap hari.


"Kita berharap, melalui pokir anggota DPRD, kita dapat merelokasi puskesmas ini. Selain itu kami mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD Kota Padang Elly Thrisyanti, karena dengan pokirnya segala kebutuhan untuk ruangan laktasi khusus ibu yang menyusui terpenuhi," tambahnya.

Anggota DPRD Kota Padang foto bersama di Puskesmas Pengambiran


Terpisah, Kapus Pegambiran dr. Aprilini Fitrisia menjelaskan pada saat ini masih rendah kunjungan warga ke posyandu yang telah di sediakan oleh Puskesmas Pegambiran.


"Masih banyak orang tua yang tidak mau menimbang anaknya di Posyandu yang di sediakan oleh Puskesmas Pegambiran. Kedepan kita akan sosialisasikan pentingnya kehadiran posyandu bagi warga," ujarnya.


Keluhan dan kendala dari dua puskesmas tersebut di ketahui, setelah anggota DPRD Kota Padang Elly Thrisyanti menyalurkan pokirnya untuk kebutuhan ruangan laktasi bagi ibu menyusui.


Menurutnya, pada saat ini pihaknya sedang berusaha mendorong Pemko Padang untuk merelokasikan Puskesmas Lubeg ketempat yang lebih baik.


"Pada saat ini kita terus berupaya melakukan lobi-lobi dengan banyak pihak untuk dapat merelokasikan puskesmas Lubeg. Hal ini dikarenakan, jika ada pasien dalam keadaan gawat darurat, mobil ambulance tidak masuk ke halaman Puskesmas. Kita sedang usahakan, doa kan saja," jelasnya.


Elly Thrisyanti juga mendukung program pemerintah untuk zero stunting yang dicanangkan oleh Pemko Padang di 2024. Oleh karena itu, dana pokir yang digelontorkan Elly Thrisyanti untuk pemenuhan kebutuhan dari ruangan laktasi.


"Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama di kehidupan seorang anak memberikan manfaat seumur hidup karena mengandung sistem imun terbaik bagi bayi, yang akan membuatnya memiliki tubuh yang kuat dan terlindungi dari infeksi. Dengan memberikan bantuan sarpras laktasi untuk kebutuhan ruang laktasi di Puskesmas,  diharapkan mendukung program pemerintah untuk zero stunting di 2024," ucap saat serah terima tersebut.


Lebih lanjut, Elly Thrisyanti meminta puskesmas - puskesmas di Kota Padang memberikan informasi kepada warga kota tentang fasilitas medis yang telah di miliki oleh sebuah puskesmas di Kota Padang


"Puskemas pada saat ini wajib menginformasikan tentang fasilitas kesehatan yang dimilikinya. Seperti pemeriksan jantung, pemeriksaan mata, sehingga warga kota tidak perlu jauh - jauh memeriksakan kesehatannya," tutupnya.


Selain itu, Elly Thrisyanti pada saat ini berupaya agar setiap puskesmas memiliki taman bermain anak. 


Kita semaksimal mungkin melalui dana pokir melengkapi kebutuhan sebuah puskesmas. Pada saat ini, kira berupaya melengkapi kebutuhan puskesmas. 



Penyerahan peralatan ruang laktasi di Puskesmas Lubeg dan Puskesmas Pengambiran, bagi ibu-ibu yang punya anak balita,sudah bisa menikmati ruangan laktasi ini,yang di dalamnya sudah tersedia,kulkas,tv,timbangan,ac dan berbagai macam peralatan lainnya untuk kenyamanan ibu - ibu dalam menunggu antrian,sambil menyusui bayinya untuk berobat di Puskesmas Lubeg dan Puskesmas Pengambiran.


"Kedepan, melalui dana pokir, puskesmas harus dilengkapi dengan taman bermain anak. Puskesmas harus berupaya melengkapi segenap kebutuhan dari sebuah puskesmas. Selain itu, puskesmas harus terus meningkatkan pelayanannya dengan terus memberikan senyuman untuk mempercepat penyembuhan pasien,"ungkapnya.(Inf)


Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »