PILIHAN REDAKSI

Gugatan Leo Murphy Anggota DPRD Dari PDI Perjuangan Ditolak PN Solok

  INFONUSANTARA.NET -- Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Solok, putuskan menolak gugatan anggota DPRD Solok dari PDI Perjuangan, Leo Mur...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Helmi Moesim Himbau Dinas Terkait Terus Pro Aktif Memantau Kondisi Pohon Pelindung yang Akan Berdampak Tumbang Saat Hujan Turun

 

Anggota Komisi III DPRD Padang Helmi Moesim tinjau pemangkasan dahan pohon pelindung di kawasan Ganting Kecamatan Padang Timur.Rabu (5/10/2022)


INFONUSANTARA.NET -- Anggota Komisi III DPRD Kota Padang Helmi Moesim menghimbau kepada dinas terkait, khususnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang untuk lebih pro aktif melihat kondisi pepohonan atau pohon pelindung disepanjang pinggiran jalan yang akan berdampak atau menimpa,mengganggu terhadap keselamatan masyarakat Kota Padang yang sedang melintas di jalanan.


"Berharap kepada dinas terkait harus segera melakukan tindakan. Dimana yang seharusnya pantas untuk ditebang ya ditebang, yang pantas untuk dirapikan,ya harus dirapikan," kata Helmi Moesim saat meninjau langsung petugas DLH Kota Padang sedang melakukan perapian pohon pelindung di dekat samping Rumah Sakit Tentara (RST) Reksodiwiryo kawasan Ganting, Kecamatan Padang Timur Kota Padang,Rabu (5/10/2022).


Selanjutnya menghimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati ketika berada diluar rumah pada saat cuaca lagi hujan, jangan berteduh dibawah pohon."Kalau ada yang mengkhawatirkan, diharapkan kepada masyarakat agar segera melapor ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang dan dinas terkait harus segera menyikapinya," ujar Hermi Moesim.


Intinya, Komisi III DPRD Kota Padang selaku mitra pada dinas terkait memberikan apresiasi. Kedepan diharapkan kepada dinas terkait agar kontinue dan selalu memantau titik - titik rawan yang berdampak tumbangnya atau patahnya dahan pohon pelindung yang sudah tua atau lapuk untuk segera melakukan tindak penebangan atau perapian.


Sebelumnya diberitakan, pada Selasa (4/10/2022) malam, satu unit mobil sedan Toyota tertimpa pohon tumbang jalan Ranah Kelurahan Ranah Parak Rumbio, Kecamatan Padang Selatan.


Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Padang Basril mengatakan, hujan disertai angin kencang yang terjadi di Kota Padang menyebabkan terjadinya pohon tumbang dan menimpa 1 unit mobil sedan.


“Pohon tumbang itu berjenis lansano dengan panjang 20 meter dan berdiameter 65 cm. Total kerugian diperkirakan Rp6,5 juta,” kata Basril.


Anggota TRC PB BPBD Kota Padang sudah melakukan evakuasi pembersihan pohon tumbang tersebut. “Pohon tumbang sudah bersihkan oleh tim di lokasi kejadian,” sebut Basril.


Ia mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan waspada di saat cuaca buruk seperti ini. Jangan berlindung dan memarkirkan kendaraan di bawah pohon. Carilah tempat aman agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.


Diketahui pemilik mobil sedan bernomor polisi BA 1432 IZ ini bernama Kevin Octayuandi, 30, warga Perum Griya Elok Blok E No. 26 RT 05 RW 07, Kelurahan Batuang Taba Nan XX Kecamatan, Lubuk Begalung.(inf)


Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »