PILIHAN REDAKSI

Figur Muda, Wahyudi Thamrin di Gadangkan Maju Pilkada Limapuluh Kota

INFO|Payakumbuh - Tokoh masyarakat Wahyudi sekaligus politisi, aktivis Wahyudi Thamrin menyambut baik munculnya sejumlah figur muda dalam p...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Cek Fasilitas Posko Bencana Desa Goiso'oinan, Babinsa Osten Sinaga : Mari Kita Jaga dan Rawat



INFO|MENTAWAIKesiapsiagaan dalam menghadapi bencana sangat di perlukan kesiapan fasilitas, seperti di ketahui bahwa mentawai salah satu daerah rawan bencana atau zona merah.


Melihat perkembangan situasi kabupaten kepulauan mentawai yang saat ini sudah sering di goncang gempa, Babinsa Koramil 03 Sioban, Sertu Osten Sinaga melakukan pengecekan posko siaga bencana di Dusun Kaliou, Desa Goiso’oinan, Kecamatan Sipora Utara.

“Pengecekan posko siaga bencana ini terkait perkembangan situasi kondisi di wilayah kepulauan mentawai untuk menuju Desa tangguh bencana” sebut Osten Sinaga, Jumat (16/9/2022).

Dikatakan, pengecekan posko siaga bencana ini merupakan tindak lanjut kegiatan komsos yang sebelumnya sudah di koordinasikan dengan aparatur Desa Goiso’oinan.

“Ini merupakan kegiatan rutin kita untuk melakukan pengecekan posko bencana secara berkala, guna mengetahui kondisi fasilitas yang sudah ada” ujarnya lagi.

Kendati demikian bahwa masyarakat dan aparatur desa sebelumnya sudah mengikuti pelatihan bersama ASB terkait kebencanaan menuju desa tangguh bencana, hal ini yang harus di giatkan lagi serta merawat fasilitas yang sudah ada.

Kegiatan yang di lakukan Babinsa Osten Sinaga ini melakukan pengecekan bangunan posko saat ini masih dalam kondisi baik, lingkungan posko harus di bersihkan dan akan di rencanakan goro bersama masyarakat dalam waktu dekat.

Terkait dengan perlengkapan posko bencana, kata Osten Sinaga seperti alat dapur umum masih dalam kondisi baik dan lengkap, pelbet 14 buah, kotak P3K, kursi roda 3 unit, radio 1 set, peta posko serta jalur evakuasi dan peta risiko tsunami 2 buah serta tenda lapangan 1 set.

“Semua perlengkapan posko bencana yang kita tinjau semuanya dalam kondisi baik,masih layak di gunakan ketika terjadi bencana” kata Osten Sinaga.

Dari pengecekan yang di lakukan Babinsa Osten Sinaga menyampaikan kepada aparatur Desa Goiso’oinan dan karang taruna untuk melakukan goro bersama untuk pembersihan lingkungan posko bencana.

“Posko bencana ini harus kita jaga dan rawat bersama, saat di gunakan, kapanpun bisa di butuhkan ketika terjadi bencana” imbuhnya.

Selain itu, Osten juga menyampaikan kepada tim siaga bencana yang sudah di bentuk agar saling mengingatkan akan tugas masing-masing Kelompok.

“Kita koordinasikan kembali dengan aparat Pemerintah Desa Goiso’oinan untuk kembali melakukan kegiatan simulasi bencana, guna memperkuat ketangguhan dalam menghadapi bencana” tutupnya mengakhiri.

Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »