PILIHAN REDAKSI

Maju Pilkada 2024, Rijel Samaloisa Ambil Formulir Pendaftaran Lewat PDIP

INFO| MENTAWAI   – Mantan Wakil Bupati Mentawai periode 2011-2016, Dr Rijel Samaloisa mengambil formulir pendaftaran untuk maju di Pilkada 2...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Bio Farma Uji Klinis Fase Tiga Vaksin Covid-19 BUMN Libatkan 1.725 Relawan di Sumbar


Ket Foto - Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir bersama Wakil Bupati Padang Pariaman, Kedinkes dan Dirut RSUD Padang Pariaman meninjau pelaksanaan Uji Klinis Fase 3 Vaksin Covid 19 BUMN di RSUD Padang Pariaman (12/07). Sebanyak 1725 relawan berpartisipasi dalam uji klinis ini.


INFONUSANTARA.NET -- Bio Farma menggelar uji klinis fase tiga vaksin Covid-19 BUMN di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padang Pariaman, Selasa (12/7/2022).


Ketua Tim Peneliti Uji Klinis Fase 3 Site Padang Pariaman dan Padang Asrawati mencatat, uji klinis fase tiga vaksin Covid-19 BUMN di Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Padang melibatkan 1.725 relawan.


Relawan yang dilibatkan, lanjutnya, dalam rentang usia antara 18-70 tahun, dalam keadaan sehat, dan belum pernah terpapar virus Covid-19.


“Setiap relawan akan mendapatkan dua kali suntikan dengan rentang waktu 28 hari,” katanya melalui keterangan tertulis.


Asrawati menjelaskan, uji klinis fase tiga vaksin Covid-19 BUMN sudah memasuki suntikan kedua.


“Para relawan akan dipantau selama satu tahun kedepan guna memastikan keamanan serta keefektifan vaksin dalam memunculkan kekebalan dalam tubuh,” ujarnya.


Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan, alasan memilih Sumbar sebagai tempat uji klinis vaksin Covid-19 BUMN karena tingkat persentase vaksinasi Sumbar masih rendah.


Sementara itu, vaksin Covid-19 BUMN ini merupakan wujud dari kemandirian bangsa Indonesia saat pandemi, hal ini menjadi tonggak pencapaian karya anak bangsa.


Menurut Honesti, vaksin Covid-19 BUMN membuktikan bahwa Indonesia mampu membuat vaksin dari hulu ke hilir secara mandiri.


Seluruh proses pembuatan vaksin tersebut dilakukan oleh anak bangsa. Ia menegaskan hal ini tidak mungkin terwujud tanpa adanya kolaborasi antara peneliti, lembaga pendidikan, industri dan juga pemerintah.


“Berikutnya Bio Farma akan menunggu diterbitkannya EUA dari Badan POM. Bio Farma saat ini sedang menunggu hasil audit Halal yang dilakukan oleh LPOM MUI. Insya Allah memenuhi kriteria Halal. Harapannya kedua sertifikat ini akan muncul pada akhir bulan Juli,“ kata Honesti.


Honesti menuturkan vaksin Covid-19 BUMN akan digunakan untuk vaksin dewasa dosis pertama dan kedua. Sementara untuk penggunaan vaksin dosis ketiga (booster) akan melewati uji klinis terlebih dahulu dalam waktu dekat.


“Kita berharap kedepannya vaksin ini bisa digunakan untuk dosis primer dan dosis booster anak-anak (usia 6-17 tahun),” kata dia.


Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang mengaku bangga daerahnya mendapat kepercayaan menjadi tempat uji klinis fase tiga vaksin Covid -19 BUMN.


“Alhamdulillah Padang Pariaman merupakan salah satu site uji klinis dengan sampel terbanyak,” kata dia.


Selain di Padang Pariaman dan Padang, uji klinis vaksin Covid-19 BUMN juga dilakukan di Jeneponto, Sulawesi Selatan.(*)


Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »