PILIHAN REDAKSI

Maju Pilkada 2024, Rijel Samaloisa Ambil Formulir Pendaftaran Lewat PDIP

INFO| MENTAWAI   – Mantan Wakil Bupati Mentawai periode 2011-2016, Dr Rijel Samaloisa mengambil formulir pendaftaran untuk maju di Pilkada 2...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Peringati Hari Keluarga Nasional 2022, KAI DIVRE II Sumatera Barat Lakukan Kampanye Cegah Tindak Kekerasan Seksual

 

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat melakukan kegiatan kampanye di Stasiun Padang untuk  mencegah tindak kekerasan dan pelecehan seksual, serta berikan apresiasi kepada rombongan keluarga yang menggunakan KA Sibinuang dan KA Minangkabau Ekspres. 



INFONUSANTARA.NET -- Peringati Hari Keluarga Nasional Tahun 2022, Rabu (29/6), PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat melakukan kegiatan kampanye di Stasiun Padang untuk  mencegah tindak kekerasan dan pelecehan seksual, serta berikan apresiasi kepada rombongan keluarga yang menggunakan KA Sibinuang dan KA Minangkabau Ekspres. 


Vice President PT KAI Divre II Sumatera Barat Mohamad Arie Fathurrochman mengungkapkan “Pada hari ini bertepatan dengan Hari Keluarga Nasional, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat menyelenggarakan kegiatan kampanye di Stasiun Padang untuk mencegah tindak kekerasan dan pelecehan seksual, serta berikan apresiasi kepada rombongan keluarga yang menggunakan moda transportasi kereta api. 


Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan menggugah kesadaran masyarakat agar tidak melakukan tindak kekerasan dan pelecehan seksual di lingkungan masyarakat maupun di transportasi umum, khususnya kereta api.

 

Dalam kegiatan ini, PT KAI Divre II Sumatera Barat melibatkan berbagai pihak untuk ikut menyuarakan pencegahan pelecehan seksual di layanan KAI dan turut menyemarakan Hari Keluarga Nasional. 


Pihak -pihak eksternal dalam kampanye serentak tersebut di antaranya Komunitas Pencinta Kereta Api, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Pemerhati Transportasi Publik, serta Mitra Komnas Perempuan di wilayah Sumatera Barat. 


Dalam kampanye tersebut, PT KAI Divre II Sumatera Barat melakukan imbauan mencegah tindak kekerasan dan pelecehan seksual melalui pengeras suara, serta menyampaikan pesan melalui spanduk, banner, poster, pamflet, dan stiker. 


Selain itu, PT KAI Divre II Sumatera Barat juga memberikan apresiasi dengan membagikan souvenir bunga mawar yang melambangkan kasih sayang kepada rombongan keluarga yang menggunakan KA Sibinuang dan KA Minangkabau Ekspres, serta membagikan ratusan masker kepada pelanggan KA. Pembagian masker tersebut diharapkan lebih meningkatkan kepatuhan seluruh pelanggan KA untuk ikut menjaga protokol kesehatan saat melakukan perjalanan. 

 

Sementara itu, Vice President Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) Joni Martinus mengatakan “Kegiatan kampanye ini dilakukan secara serentak di 14 Stasiun di seluruh wilayah kerja PT KAI (Persero) pada Rabu (29/6). Kampanye ini penting untuk mengajak kepada masyarakat supaya ketika menggunakan layanan kereta api tetap saling menghargai dan menghormati sesama pelanggan, sehingga dapat terwujud transportasi kereta api yang aman serta nyaman bagi seluruh pelanggan,” ujar Joni.

 

Sebelumnya, pada Sabtu (25/6) lalu, Menteri BUMN Erick Thohir memberikan penghargaan kepada kondektur yang melindungi pelanggan perempuan dari tindakan pelecehan seksual. 


Menteri Erick juga mengapresiasi tanggapan KAI atas kejadian tersebut. Ia berpesan kepada seluruh masyarakat untuk tidak ragu melaporkan kepada petugas jika ada indikasi pelecehan seksual. 


Ketua Komnas Perempuan Andy Yentriyani juga mengatakan bahwa KAI perlu melakukan kampanye anti kekerasan seksual agar transportasi kereta api aman bagi perempuan. Ia berharap KAI dan Komnas Perempuan dapat berkolaborasi untuk aspek edukasi dan pedoman kebijakan yang berlaku secara internal dan eksternal di KAI.

 

Vice President Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) Joni Martinus menambahkan, “Petugas KAI baik di stasiun maupun di atas kereta api akan terus bersiaga jika terjadi tindak kekerasan dan pelecehan seksual. Meski demikian, KAI juga tetap meminta pelanggan agar tetap waspada dan melaporkan kepada petugas jika terjadi tindakan kekerasan dan pelecehan seksual”.

 

 “Melalui kampanye serentak Cegah Tindak Kekerasan dan Pelecehan Seksual di Transportasi Publik dan Momen Peringtan Hari Keluarga Nasional ini, kita mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang menyenangkan, nyaman, dan aman bagi pelanggan saat bepergian jarak pendek ataupun jarak jauh,” tutup Mohamad Arie Fathurrochman.(Erlangga)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »