PILIHAN REDAKSI

Figur Muda, Wahyudi Thamrin di Gadangkan Maju Pilkada Limapuluh Kota

INFO|Payakumbuh - Tokoh masyarakat Wahyudi sekaligus politisi, aktivis Wahyudi Thamrin menyambut baik munculnya sejumlah figur muda dalam p...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Ketua KPID Sumbar Dasrul: ASO Akan Gairah Konten Kreator di Sumbar

Foto: Ketua KPID Sumbar,Dasrul saat diskusi bersama jajaran Kominfo Kota Pariaman terkait sosialisasi ASO di Sumbar.



INFONUSANTARA.NET -- Keputusan Kementerian Komunikasi dan menghentikan siaran TV analog/Analog Switch Off (ASO) beralih ke siaran TV digital akan memberikan ruang bagi konten kreator muda untuk berkreasi.

 

Ketua KPID Sumbar,Dasrul.

Itu diakui Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sumatera Barat (KPID Sumbar), Dasrul kepada infonusantara.net, Jum'at (17/6/2022).


Menurutnya, Indonesia sudah sangat terlambat mengalihkan siaran TV Analog ke TV Digital dibandingkan negara lainnya. Dari pada tidak sama sekali, katanya kebijakan pemerintah menghentikan siaran analog per 2 November mendatang adalah keputusan yang harus didukung semua pihak. 


"ASO sangat memberikan dampak positif terhadap perekonomian di daerah. Dan tentu saja ini akan membawa dampak positif bagi dunia kerja di Sumatera Barat serta mengurangi pengangguran bagi generasi muda kreatif. 


Hal ini peluang yang cukup bagus dan berhubungan langsung dengan visi misi pemerintah Provinsi Sumbar menciptakan enterprenuer muda dan ekonomi kreatif," tegas Dasrul seraya menyebutkan, contoh kecil dari ASO ini adalah mulai bermunculan channel/siaran baru. 


Di Sumbar memiliki kouta 30 kanal channel baru. Yang baru terisi, 13 kanal siaran, masih ada kouta 18 kanal siaran lagi. Itu akan memberikan ruang bagi pengusaha-pengusaha mengisi kekosongan siaran tersebut. 


Dan dari 30 Channel tersebut, diwajibkan 10 persen kouta untuk menampilkan siaran lokal. Nah, kata Dasrul itu adalah peluang bagi konten kreator di ranah minang ini.   


"Jika hasil karya mereka bagus, tentu akan dilirik oleh pengusaha-pengusaha media," ucap Dasrul yang sudah lama bergerak di bidang pertelevisian ini. 


Menurutnya, pengusaha akan diuntungkan oleh karya para konten kreator plus kouta 10 konten lokal pun terpenuhi. Begitu juga sebaliknya, hasil karya konten kreator dihargai dengan muncul di siaran TV Analog. 


"Membuat konten lokal 10 persen adalah wajib. Jika tidak diindahkan akan ada sanksi bagi para pengusaha media," ucap Dasrul seraya menyebutkan kalau konten kreator bisa berkreasi dengan membuat video memasak, kulineran ataupun wisata.


"Masuknya TV Digital sangat menguntungkan konten kreator. Karyanya bisa ditampilkan di TV Digital, dan media sosial pribadinya," jelas Dasrul mengajak masyarakat beralih ke TV Digital. Semua itu demi memberikan tontonan yang bersih, jernih dan canggih kepada masyarakat.(Inf)

#ASO, #analogswitchoff, #TVdigital, #siarandigitalindonesia, #ASO2022.


Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »