PILIHAN REDAKSI

Tekan Inflasi, PJ Bupati Mentawai Bersama Forkopimda Galakkan Penanaman Cabe

INFO|MENTAWAI - Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian galakkan gerakan penanaman cabe sere...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Antisipasi Kecelakaan Saat Pacuan Kuda, Seluruh Joki Lakukan Timbang Masuk



INFO|Padang Panjang - Pagelaran Pacu Kuda Alek Anak Nagari Padang Panjang, Batipuah, X Koto (Pabasko) di H-1 seluruh joki yang sudah terdaftar mengikuti pacuan, lakukan timbang masuk di Sekretariat Pordasi Padang Panjang, Sabtu (25/6/2022).


Timbang masuk bagi para joki ini, diawasi langsung oleh pihak panitia pelaksana dan dewan steward yang dimulai dari Sabtu siang.


Dewan Steward, Maidison mengatakan, timbang masuk ini merupakan proses untuk mengecek atau menimbang beban dasar dari joki yang akan melakukan pacuan. Ini bertujuan untuk mengantisipasi dan meminimalisir kecelakaan saat berpacu, serta mengutamakan keselamatan joki dan kuda yang berpacu.


“Jelang pacuan, joki diharuskan melakukan timbang masuk terlebih dahulu. Sesuai dengan klasifikasi kelasnya nanti. Masing-masing joki, beban dasarnya sudah ditentukan dengan aturan pacuan di PP Pordasi Indonesia. Makanya hari ini, kami selaku pelaksana teknis menyinkronkan aturan dengan kondisi terkini dari joki-joki yang akan naik pada pacuan besok,” jelasnya.


Lebih lanjut ia menyebutkan, sesuai dengan aturan, batas kelebihan beban dasar joki hanya boleh 2 kg. Itu harus disertai dengan surat perjanjian atau pernyataan dari joki dan diketahui oleh pelatih, serta pemilik kuda bahwa joki mengalami kelebihan beban dasar.


“Apabila joki yang memiliki berat badan atau beban dasar yang  mengalami kelebihan sesuai atau melebihi batas yang ditentukan, apapun risiko yang timbul, baik itu dari si joki maupun kuda yang ditunggangi, akan menjadi tanggung jawab penuh pelatih dan pemilik kuda sesuai dengan surat pernyataan yang disetujui sebelumnya,” terangnya.


Selain itu, Maidison juga menyarankan, bagi joki yang mengalami kelebihan beban dasar setelah melakukan timbang masuk, untuk tidak melanjutkan pacuan dan diganti dengan joki lain yang beban dasarnya sesuai. Karena apabila beban dasar joki melebihi batas, akan mengurangi performa  kuda dan bisa menimbulkan kecelakaan saat berpacu.



Penulis : Indah,kmf

Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »