PILIHAN REDAKSI

Figur Muda, Wahyudi Thamrin di Gadangkan Maju Pilkada Limapuluh Kota

INFO|Payakumbuh - Tokoh masyarakat Wahyudi sekaligus politisi, aktivis Wahyudi Thamrin menyambut baik munculnya sejumlah figur muda dalam p...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Ajak Pemuda Buat Jaring Tangkap Ikan, Begini Cara Babinsa Siberut Kurangi Pengangguran



INFO|MENTAWAI - Laut merupakan kekayaan alam yang sangat luas di seluruh wilayah Indonesia, Berbagai jenis ikan banyak di temukan di perairan Indonesia, sehingga banyak masyarakat yang tinggal di tepi pantai berprofesi menjadi nelayan.


Untuk memanfaatkan kekayaan alam di laut, Babinsa Koramil 02/Siberut, Kodim 0319/Mentawai, Serda Iswendra mengajak masyarakat dan Pemuda Desa Muara Siberut Selatan yang belum memiliki pekerjaan berinovasi membuat jaring penangkap ikan.


Momotivasi masyarakat dan pemuda agar terbuka ide kreatif untuk memanfaatkan potensi laut yang bakal bisa mendatangkan penghasilan.


Dalam hal ini, Serda Iswendra mengajak pemuda dan masyarakat yang belum memiliki pekerjaan ke salah satu pengerajin jaring Pak Enos Sageletuk untuk mengetahui dan mempelajari cara pembuat jaring.


Setelah mengetahui cara dan teknik pembuatan jaring tangkap ini, nantinya bisa di gunakan untuk menangkap ikan di laut. Selama ini kebutuhan jaring penangkap ikan masih kurang dan masih di beli dari luar daerah.


Pada kesempatan itu, Serda Iswendra luangkan waktu bertemu dengan warga dan pemuda saling berbincang dan memberikan motivasi agar membuat jaring tangkap, agar bisa di jadikan penghasilan serta meningkatkan fasilitas jaring tangkap sebagai kebutuhan para nelayan setempat.


Dengan memanfaatkan peluang tersebut secara otomatis mereka nantinya memiliki pekerjaan dan berpenghasilan melalui penjualan jaring tangkap ikan kepada nelayan.


Selain itu dengan cara seperti ini akan mengurangi pengangguran di wilayah Desa Binaan Babinsa Koramil 02/Siberut.

 

Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »