PILIHAN REDAKSI

Maju Pilkada 2024, Rijel Samaloisa Ambil Formulir Pendaftaran Lewat PDIP

INFO| MENTAWAI   – Mantan Wakil Bupati Mentawai periode 2011-2016, Dr Rijel Samaloisa mengambil formulir pendaftaran untuk maju di Pilkada 2...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Giat Prestasi Pramuka di Gelar Kwartir Ranting Sikakap di Ikuti 3 SD dan 4 SMP


INFO|SIKAKAPSebagai bentuk kesiapan dalam menyalurkan bakat generasi muda, Kwartir Ranting Sikakap menggelar Giat Prestasi tingkat Penggalang SD dan SMP bertempat di Bumi Perkemahan Pastoran Sikakap, Sabtu (20/11/2021).


Kegiatan giat prestasi ini di mulai hari jumat 19/11/2021 sampai 21/11/2021 dengan memperlombakan 4 jenis lomba yaitu Lomba Pionering, Senam Pramuka, Cerdas Ceemat dan Pengucapan Pancasila Dasa Darma dan Tri Satya.

Ketua Panitia pelaksana, Briptu Ade Syahputra dan Sekretaris Ricad Hamdani, Spd menyampaikan, giat prestasi ini merupakan ajang menunjukan kebolehan setiap para pramuka yang menyasar kepada penggalang tingkat SD dan SMP yang berada di wilayah Pagai Utara Selatan.

Dalam giat prestasi ini di ikuti sebanyak 7 kontingen terdiri dari 3 SD dan 4 SMP. Untuk SD di ikuti SDN 01 Sikakap, SDN 21 Makalo dan SD 01 Parak Batu, sedangkan tingkat SMP di ikuti SMP 1 PUS, SMP 2 Sikakap, SMP GKPM Sikakap dan MTSN Sikakap.

“Sebelumnya memang dalam undangan itu sebanyak 20 kontingen yang bakal ikut, namun saat pelaksanaan hanya 7 kontingen yang bisa ikut yaitu 3 SD dan 4 SMP” sebut Ketua Panitia.

Untuk juri perlombaan di datangkan dari Padang Kak Yanto datang dengan secara sukarela untuk membantu kesuksesan giat prestasi yang di laksanakan Kwartir pramuka Sikakap.

Waka Pusdiklatcab Mentawai yang juga Wakapolsek Sikakap, Ipda Yanuar menyebut, terkait keikutsertaan para pramuka yang mewakili setiap sekolah mereka masing-masing tidak terpenuhi, memang agak disayangkan sedikit, karena giat prestasi ini untuk persiapan lomba tingkat 3 tahun 2022, ujarnya.

Selain itu juga keikutsertaan pramuka baik tingkat SD maupun SMP ini sebagai ajang untuk menyalurkan bakat mereka serta menambah ilmu pengetahuan,sebutnya lagi.

“Kita sudah hampir 2 tahun tidak beraktifitas artinya vakum,tapi apa boleh dikata, namun dalam hal ini tidak ada paksaan bagi setiap peserta masing-masing sekolah. Namun yang anehnya juga sudah jelas giat pramuka ini adalah kegiatan ekstra kurikuler wajib di sekolah kelas 13 dan ada aturan dari Permendikbudnya” terangnya.

Meski demikian, kata Yanuar kwartir pramuka sikakap sudah mengukir prestasi di tingkat Sumatera Barat, dalam hal ini juga hendaknya setiap sekolah ikut mendukung dengan mengikut sertakan peserta didik di kegiatan kepramukaan.

Melihat kondisi seperti ini menurut Yanuar sangat rendah minat para kamabigus untuk mengikut sertakan para muridnya pada kegiatan pramuka.

“Saya selaku Waka Pusdiklatcab berharap kepada Kwarcab Mentawai, Kortanius Sabeleake yang juga Wakil Bupati Mentawai menegur para kamabigus yang tidak mau tahu dengan kegiatan gerakan pramuka” ucapnya.

Semoga kedepannya Pramuka Mentawai lebih maju lagi dan saya secara pribadi tidak akan pernah menyerah untuk memajukan Pramuka di bumi sikerei selagi masa kerja saya masih aktif dinas di polsel sikakap, tutupnya mengakhiri.


Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »