PILIHAN REDAKSI

Figur Muda, Wahyudi Thamrin di Gadangkan Maju Pilkada Limapuluh Kota

INFO|Payakumbuh - Tokoh masyarakat Wahyudi sekaligus politisi, aktivis Wahyudi Thamrin menyambut baik munculnya sejumlah figur muda dalam p...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

BIN Lanjutkan Vaksinasi Covid-19 di Dharmasraya, Fokus ke Pelajar dan Door to Door Datangi Masyarakat Serta Berbagi Sembako

 

INFONUSANTARA.NET -- Untuk  mempercepat pelaksanan Vaksinasi BIN (Badan Intelijen Negara) Daerah Sumatera Barat, terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah kabupaten/kota untuk mempercepat capaian vaksinasi Covid-19 guna menciptakan kekebalan komunal (herd immunity) sehingga diharapkan penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional dapat terlaksana.

Pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Dharmasraya yang dilakukan BIN Daerah Sumbar saat ini untuk dua sesi yakni dosis lanjutan dari vaksinasi pertama yang dilaksanakan pada 13 September yang lalu dan vaksinasi pertama bagi yang belum divaksin, dengan menyasar para pelajar, santri dan masyarakat umum. 

Selain vaksinasi terpusat di SMU 2 Pulau Punjung dan MTSN Koto Baru serta tempat lain, juga dilakukan vaksinasi secara "door to door" (rumah ke rumah) langsung ke rumah masyarakat di Jorong Taratak Nagari IV Koto Pulau Punjung dan di Jorong Pasar Koto Baru, Nagari Koto Baru. Pada hari Selasa (12/10/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya Pariyanto, Kepala Binda Sumbar, Hendra,Sekda Kabupaten Dharmasraya H. Adlisman,Danramil 03/PP Mayor Caj (K) Tuti Andayani, kemudian para undangan yang ikut dalam kegiatan  tersebut.

Sementara itu Kabinda Sumbar, Hendra, mengatakan bahwa Binda Sumbar akan "all out" dalam upaya vaksinasi, bekerja sama dengan stakeholder terkait demi terwujudnya kekebalan kelompok.

"Selain vaksinasi untuk para pelajar dan santri, kita juga akan mendatangi masyarakat dari rumah ke rumah untuk divaksinasi," ujar putra asli Bukittinggi ini.

Selanjutnya Kabinda Sumbar menjelaskan, target vaksinasi hari ini di Kab. Dharmasraya sebanyak 4.208 orang, untuk pelajar dan santri, dipusatkan di lima sekolah yaitu SMA 2 Pulau Punjung, MTSN Dharmasraya (Koto Baru), SMAN 1 Koto Baru, SMP N 3 Koto Salak dan Pondok Pesantren Darussalam. Sedangkan untuk masyarakat umum di pusatkan di Nagari Kurnia Selatan, Koto Gadang, Ranah Palabi, Puskesmas Sungai Limau dan Puskesmas Beringin Sakti.

"Kabupaten Dharmasraya saat ini sudah berada di level 2 PPKM, dan berada di peringkat tinggi dalam capaian vaksinasi untuk wilayah Sumbar. Kami mengapresiasi kolaborasi Forkopimda sehingga acara vaksinasi dapat terselenggara dengan baik," lanjut Kabinda.

Kabinda juga menjelaskan bahwa BIN berperan dalam mensukseskan vaksinasi, baik di Sumbar maupun luar Sumbar. Hal tersebut sesuai dengan arahan dan perintah Presiden kepada Kepala Badan Intelijen Negara, Bapak Jenderal Pol (P) Prof. Dr. Budi Gunawan, SH., M.Si.

"Indonesia telah mengalami dua gelombang Covid-19, seandainya nanti ada gelombang ketiga, tentu kita harus sudah siap, semoga gelombang ketiga tidak ada. Kita harus siap, terutama dalam mewujudkan kekebalan kelompok melalui vaksinasi dan selalu konsisten menjalankan protokol kesehatan," tutup Kabinda.

Pada tempat yang sama.Sekda Kabupaten Dharmasraya H. Adlisman, mengatakan bahwa target minimal 60 persen dosis lengkap harus dicapai pada akhir tahun 2021 dengan harapan "herd immunity" telah terbentuk, sehingga segala aktivitas dapat dilakukan dengan lebih normal.

"Terkait dengan kasus positif, sudah menurun dan perhari ini ada tiga yang positif. Sedangkan untuk vaksin, dari target sebanyak 179.257 orang,  telah tercapai 76.201 atau 42,5% sasaran untuk dosis pertama dan 43.139 atau 24,1% untuk dosis kedua," ujar Sekda.

Sekda mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Binda Sumbar yang telah mendorong dan bekerja sama dalam vaksinasi Covid-19 di Kabupaten tersebut.(****)

Laporan:MsX

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »