PILIHAN REDAKSI

Tekan Inflasi, PJ Bupati Mentawai Bersama Forkopimda Galakkan Penanaman Cabe

INFO|MENTAWAI - Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian galakkan gerakan penanaman cabe sere...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Masjid Al Quwait Kelurahan Banuaran Serahkan Bantuan Biaya Pendidikan Bagi 39 Anak Yatim


Masjid Al Quwait Kelurahan Banuaran Serahkan Bantuan Biaya Pendidikan Bagi 39 Anak Yatim

INFONUSANTARA.NET - Masjid Al Quwait Kelurahan Banuaran Nan XX,  Kecamatan Lubuak Bagaluang, Kota Padang serahkan bantuan biaya pendidikan bagi 39 anak yatim, dalam program Jumat Berkah Berbagi hasil kerjasama dengan Rumah Gadang Basamo (RGB) Alumni SMA 1 Padang tamatan 1987, Jumat, 2 Juli 2021.

Koordinator Program Jumat Berkah Berbagi, Herawaty Taher mengatakan kegiatan ini merupakan pekan ke-15 yang telah berlangsung sejak 12 Maret 2021. Mualaf yang berasal dari etnis Tionghoa ini mengatakan program ini berawal dari niat salah seorang pengusaha yang kembali bangkit, setelah terpuruk oleh dampak pandemi. 

"Namun berdasarkan kesepakatan dengan Ketua Masjid Al Quwait, Pak Saribulih, program ini terus berlanjut setiap ba'da Shalat Jumat. Juga kita sepakati dengan nama Jum'at Berkah Berbagi atau JBB," ujar Herwaty Taher yang juga Ketua RT 01 RW 10 Kelurahan Banuaran ini. 

Dia menambahkan, sebelum adanya Jumat Berkah Berbagi juga telah dilaksanakan Pendidikan Peduli Anak Yatim di Masjid Al Quwait ini, pada Akhir Desember 2020. 

"Ternyata program ini mendapat respon positif dari teman teman alumni yang tergabung dalam RGB. Maka, pada saat itu disepakati Pendidikan Peduli dilaksanakan 2 kali setahun atau setiap awal semester. Namun karena telah disepakati program JBB, maka kegiatan ini menjadi bagiannya," ujarnya. 

Sementara, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Quwait yang juga Penanggung Jawab Jumat Berkah Berbagi, Saribulih berharap program ini terus berlanjut setiap pekan. Untuk itu, dia bersama Pengurus JBB lain sepakat membuka peluang untuk menjadi donatur tetap dan insidentil. 

"Saat ini donatur tetapnya dari RGB. Ke depan kita juga membuka peluang kerjasama dengan pihak lain. Hari ini kita juga undang Jaringan Pengusaha Nasional Sumbar atau Japnas untuk bisa sebagai donatur tetap JBB ini. Karena menyantuni anak yatim merupakan tanggung jawab kita bersama," ujar Saribulih yang juga Ketua RT 04 RW 11 Kelurahan Banuaran ini. 

Saribulih mengungkapkan santunan kali ini, untuk 39 anak yatim yang ada di Kelurahan Banuaran. "Dari 10,7 juta dana yang terkumpul berasal dari RGB ditambah dari donatur lainnya. Pada kesempatan kali ini, juga tercatat Anggota DPR RI, Pak Darul Siska sebagai donatur, " ujarnya. 

Dia menjelaskan untuk pelajar SMA/SMK/MA yang berjumlah 13 orang, masing masing mendapat Rp 400 ribu. Sedangkan SMP/Mts berjumlah 17 orang, masing masing Rp Rp 300 ribu dan SD/MI 9 orang masing-masing Rp 250 ribu. 

"Kekurangan dari dana santunan diambilkan dari Kas Anak Yatim Masjid Al Quwait. Mudah mudahan ada donatur yang akan  ikut berpartisipasi untuk menalangi kekurangan tersebut," ujarnya. 

Bak gayung bersambut, Camat Lubuak Bagaluang, Heriza Syafani menyambut positif program Masjid Al Quwait ini. Dia membandingkan, di zaman Rasulullah, masjid merupakan pusat kegiatan umat. Bukan hanya sekedar ibadah shalat wajib saja. 

"Ini hal yang patut disyukuri, adanya kerjasama masjid dengan pihak ketiga. Apalagi, pemberian santunan ini dilakukan rutin setiap pekan. Mudah mudahan ini terus berlanjut," ujar Heriza Syafani yang mengaku baru 2 bulan bertugas sebagai camat di Kecamatan Lubuak Bagaluang. 

Pada kesempatan itu, dia juga mengapresiasi penghapal Al Quran, Febri dengan dua lembar uang 50 ribu. Febri yang merupakan santri Tahfizh Masjid Al Quwait mendapat giliran tampil pada JBB pekan ke-15. Para Hafizh tampil secara bergiliran pada setiap pekan. "Luar biasa Masjid Al Quwait yang telah melahirkan Hafizh melalui program Tahfizh," ujarnya. 

Sementara Ketua Umum JAPNAS Sumbar, Gun Sugianto yang diwakili pengurus JAPNAS Berbakti (Jabat) Ozi menyambut baik atas ajakan sebagai donatur tetap JBB. Menurutnya, Jabat merupakan Badan Otonom organisasi Japnas yang bertindak sebagai lembaga pelaksana kegiatan sosial organisasi.

"Kita akan bicarakan dengan teman teman untuk ikut terlibat sebagai donatur kegiatan santunan untuk anak-anak yatim dan fakir miskin. Kemarin kita juga sudah salurkan bantuan, namun melalui panti asuhan yang ada di Kota Padang," ujarnya. 

Hadir dalam Jum'at Berkah Berbagi, Camat Lubuk Begalung Heriza Syafani, Umum JAPNAS Sumbar, Gun Sugianto yang diwakili pengurus JAPNAS Berbakti (Jabat) Ozi menyambut baik atas ajakan sebagai donatur tetap JBB. Menurutnya, Jabat merupakan Badan Otonom organisasi Japnas yang bertindak sebagai lembaga pelaksana kegiatan sosial organisasi.

"Kita akan bicarakan dengan teman teman untuk ikut terlibat sebagai donatur kegiatan santunan untuk anak-anak yatim dan fakir miskin. Kemarin kita juga sudah salurkan bantuan, namun melalui panti asuhan yang ada di Kota Padang," ujarnya. 

Hadir dalam Jum'at Berkah Berbagi, Camat Lubuk Begalung Heriza Syafani, Ketua Umum JAPNAS Sumbar, Gun Sugianto yang diwakili Pengurus JAPNAS Berbakti Lurah Banuaran Nan XX yang diwakili Sekretaris Lurah Yanti Ginting, Ketua RW 11, H. Hudi Sutomo, Ibu Majelis Taklim, Guru Tahfizh Masjid Al Quwait, orang tua penerima santunan, para penerima santunan dan undangan lainnya. (Inf)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »