PILIHAN REDAKSI

Gugatan Leo Murphy Anggota DPRD Dari PDI Perjuangan Ditolak PN Solok

  INFONUSANTARA.NET -- Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Solok, putuskan menolak gugatan anggota DPRD Solok dari PDI Perjuangan, Leo Mur...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

AHY Susul Prabowo Teratas, Berikut Hasil Survei Capres dari Kalangan Ketum Parpol di Pilpres 2024!

Pilpres 2024 (ilustrasi).

INFONUSANTARA.NET - Kategori calon presiden dari kalangan Ketua Umum Partai Politik pada Pilpres 2024 menurut hasil survei Arus Survei Indonesia (ASI) menunjukkan elektabilitas Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono berada di peringkat kedua di bawah Prabowo Subianto Ketum Partai Gerindra.

Direktur Eksekutif ASI, Ali Ri'fan, mengatakan elektabilitas Prabowo sebagai capres di kalangan ketum parpol berada di angka 14 persen. Sementara itu, AHY berada di bawah Prabowo dengan selisih 0,8 persen atau tepatnya di angka 13,2 persen.

Menyusul nama Muhaimin di angka 10,2 persen merupakan figur dari klaster pimpinan partai yang paling layak jadi capres-cawapres 2024," kata Ali dalam konferensi yang berlangsung secara daring sebagaimana dilansir dari CNN Indonesia pada Selasa (8/6).

Di bawah tiga nama itu, terdapat nama beberapa ketum parpol lainnya. Mereka adalah Ketum Golkar Airlangga Hartarto dengan 9,2 persen, Ketua DPP PDIP Puan Maharani 8 persen, Ketum NasDem Surya Paloh 7,7 persen, Ketum PKS Ahmad Syaikhu 6,7 persen, Ketum PPP Suharso Monoarfa 3,5 persen, serta Ketum PAN Zulkifli Hasan 3,5 persen.

Ali menuturkan, survei yang dilakukan lembaganya ini menggunakan metode multistage random sampling dan dilakukan secara nasional di 34 provinsi dengan jumlah 1.000 responden.

Dia menyatakan, survei dilakukan pada 1-7 Mei 2021 dengan cara telesurvei, yakni responden diwawancara melalui kontak telepon menggunakan kuesioner.

Menurutnya, margin of error dalam survei ini kurang lebih 3,10 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sementara itu, hasil survei Parameter Politik Indonesia juga menunjukkan peningkatan elektabilitas Partai Demokrat. Berdasarkan hasil survei terbaru yang dilakukan pada akhir Mei lalu, Demokrat berada di posisi keempat dengan elektabilitas 8,4 persen.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno mengatakan peningkatan elektabilitas Partai Demokrat disinyalir akibat ingar bingar perseteruan AHY dengan Moeldoko beberapa waktu lalu.

Namun nama AHY tidak masuk tiga posisi teratas dalam survei Parameter Politik Indonesia terkait capres 2024. 

Dalam survei Parameter Politik Indonesia, Prabowo Subianto memperoleh elektabilitas 18,3 persen, Ganjar Pranowo 16,5 persen, dan Anies Baswedan 15,1 persen.

Nama AHY berada di posisi keempat dengan elektabilitas 7 persen, disusul Ridwan Kamil 6 persen, Tri Rismaharini 5,5 persen, dan Sandiaga Uno 5,4 persen.



Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »