PILIHAN REDAKSI

Figur Muda, Wahyudi Thamrin di Gadangkan Maju Pilkada Limapuluh Kota

INFO|Payakumbuh - Tokoh masyarakat Wahyudi sekaligus politisi, aktivis Wahyudi Thamrin menyambut baik munculnya sejumlah figur muda dalam p...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Ketua Komisi I Elly Thrisyanti,SE.Akt, Menghimbau Warga BALIMAU DI RUMAH SAJA

BALIMAU DI RUMAH SAJA
INFONUSANTARA.NET -- Ramadhan 1442 Hijriah pada tahun ini tradisi balimau diperkirakan akan terjadi puncaknya pada Senin (12/4/2021) sore ini di sejumlah tempat seperti di Sungai Lubuk Minturun, Sungai Tarusan, Pesisir Selatan dan lainnya.

Ketua Komisi I DPRD Kota Padang, Elly Thrisyanti, SE. Akt menghimbau serta berharap kepada masyarakat Kota Padang kalau bisa tidak usah melakukan tradisi balimau di saat kondisi seperti sekarang ini.

Perlu kita ingatkan pada masyarakat, bahwa saat ini masih dalam pandemi Covid-19. 

Dan tentu tetap menjaga protokol kesehatan adalah hal terpenting yg harus kita laksanakan. Melakukan aktivitas balimau nanti pasti akan membuat dan menimbulkan  kerumunan warga yang bisa memicu penularan Covid-19.

''Selain itu juga harus di ingat bahwa saat ini dalam kondisi cuaca ekstrim," kata Elly Thrisyanti, Senin (12/4/2021).

Hujan deras sama sama kita ketahui sering menguyur Kota Padang maupun di daerah. Kita khawatir berisiko terjadi longsor, banjir bandang yang tidak dapat diprediksi," kata Elly Thrisyanti.

Mari sama - sama kita pasang saja niat untuk melaksanakan ibadah puasa Ramadhan tahun ini dengan tidak melaksanakan balimau di tempat tempat pemandian atau sungai di luar sana. "Cukup laksanakan saja di rumah masing-masing,''  imbaunya.

Selain itu kita juga meminta kepada pelaku usaha kuliner, rumah makan, cafe dan restoran agar bisa saling menjaga dan menghargai warga yang sedang berpuasa  di bulan Ramadhan ini. 

Selanjutnya mari sama.- sama menjaga kesehatan selama ramadhan. 

Dan yang juga sangat peting sekali yakni jaga keselamatan dijalan ketika akan pergi melakukan ibadah shalat taraweh, terutama menuju rumah ibadah yang agak jauh dari rumah.

Karena sama - sama kita ketahui saat ini tindak kriminal cukup tinggi, seperti jambret,begal, curanmor dan tindak kejahatan jalanan lainnya yang juga dampak dari pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir.

Kemudian kepada pemerintah segera lah buat aturan yg jelas tuk kegiatan umum selama dalam suasana ramadhan ini sesuai aturan yang berlaku. Sehingga warga bisa melaksanakan ibadah puasa secara khusuk,aman dan nyaman.

Disamping itu juga perlu dilakukan pengaturan dan pengawasan bagi para penjual takjil yang pastinya akan marak di sepanjang pinggiran jalan selama bulan puasa ini. Jangan sampai nanti terjadi kemacetan atau bahkan kecelakaan.

Tak lupa pula bagi penjual takjil itu harus di atur, jangan sampai berjualan mereka menganggu badan jalan dan jangan memanfaat fasilitas umum seperti tratoar dijadikan tempat berjualan yang akan menggangu hak pengguna sarana trotoar. Dan yang perlu sekali diingatkan baik penjual dan pembeli tetap harus menerapkan protokol kesehatan," kata Elly Thrisyanti.

Ditambahkan Elly Thrisyanti bahwa telah dibolehkan warga beribadat di mushalla mushala dan masjid kembali tentu perlu dilakukan pengawasan.

Jangan nanti kita sampai kebablasan dengan semakin longgar nya pengawasan yang dikhawatirkan dapat tercipta cluster baru Covid-19. 

Untuk itu kata Elly Thrisyanti, selama.bulan Ramdhan ini dia merekomendasikan kepada pemerintah untuk dapat dibentuk SATGAS RAMADHAN yang melibatkan OPD dan stake holder terkait lain nya termasuk DPRD, "pungkas politisi Partai Gerindra ini.(Inf)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »