Mengenal Lebih Dekat Tradisi Mentawai, Ketua Persit KCK Kodim 0319/Mentawai Kunjungi Masyarakat Desa Saureinu'

MENTAWAI,infonusantara.net - Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang kodim 0319/Mentawai Ny. Diana Bagus Mardyanto, Beserta pengurus melakukan Silaturahmi ke desa Saureinu' kecamatan Sipora Selatan, Rabu 10 Februari 2021.

Dalam kegiatan itu rombongan persit KCK Cabang kodim 0319/Mentawai disambut hangat oleh masyarakat Desa Saureinu' dengan di suguhkan menu tradisional

Ketua Persit KCK Kodim 0319/Mentawai Ny.Diana Bagus Mardyanto mengatakan, kunjungan yang kita laksanakan ini untuk mempererat hubungan tali kasih serta menjalin silaturahmi antara sesama sesuai ajaran agama masing-masing.

"Saya bersama rombongan sengaja mengunjungi Desa saureinu ini untuk mengetahui alat musik tradisional mentawai seperti kateubak serta makanan ciri khas mentawai seperti toek sekaligus meningkatkan silahturahmi antar sesama sebagai wujud kepedulian Persit KCK" ucapnya.

Dia mengaku makanan ciri khas Mentawai seperti toek baru pertama kali ini mencoba, ternyata enak dan rombongan ibu-ibu Persit juga menikmati makanan ciri khas tersebut.

Seperti di ketahui Toek merupakan sejenis ulat yang berasal dari kayu tumung. Biasanya masyarakat memanen toek di sungai-sungai. Teok hidup dalam batang pohon tumung yang dipotong lalu direndam dalam sungai berbulan-bulan.

Toek ini disebut salah satu makanan ekstrem, karena biasa dimakan dalam keadaan hidup-hidup hanya setelah mencucinya dari kotoran kayu. Toek hidup dalam di ronga-tongga kayu yang sudah membusuk. Bentuk toek panjang dengan warna putih. Potongan kayu terlebih dahulu di belah kecil-kecil. Toek dicabut berlahan-lahan dari rongga-rongga kayu.

Masyarakat setempat biasanya ramai-ramai mengambil toek dan langsung di makan dalam kondisi hidup. Sebagian masyarakat ada juga yang mengumpulkannya untuk di bawa pulang.

Untuk mengkonsumsi toek ini, bisa juga dimakan dengan air jeruk nipis atau air garam, atau diolah seperti ditumis. Menurut masyarakat setempat, toek memiliki rasa manis.

Dengan mengikuti pelaksanaan silarurahmi ini, Persit secara rutin akan mendapatkan banyak manfaat antara lain, bisa menambah wawasan dan pengetahuan juga dapat memperluas pergaulan sehingga mampu menimbulkan rasa persaudaraan dan mempererat tali silaturahmi diantara Persit dengan masyarakat.

Ny.Diana Bagus mardyanto juga memberikan arahan kepada anggota Persit dan masyarakat yang intinya agar pintar dan harus bisa menciptakan suasana rumah tangga yang harmonis, bisa saling mengisi dan saling menghargai, jangan lupa selalu mendoakan suami saat melaksanakan pekerjaan serta jaga selalu kesehatan, tukasnya.


Editor : Heri Suprianto

[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.