General Manager PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto didampingin Eksekutif Vice President Konstruksi Regional Sumatra Adi Lumakso didampingi tengah mencoba menyalakan listrik sambungan gratis di rumah warga Dimar (90) Sungai Pisang, Bungus Teluk Kabung Padang, Selasa. (Ist)

Infonusantara.net - PT. PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat (Sumbar) meresmikan pemasangan sebanyak 184 sambungan baru gratis bagi masyarakat kurang mampu melalui program yang bertajuk one man one hope.

Peresmian program one man one hope oleh Eksekutif Vice President Konstruksi Regional Sumatra Adi Lumakso didampingi General Manager PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto di Sungai Pisang, Bungus Teluk Kabung Padang, Selasa.

Dua warga yang mendapatkan sambungan listrik 450 VA secara gratis dan dites menyalakan pada peresmian program tersebut di Sungai Pisang, yakni di rumah Sarijon (30) dan Dimar (90).

GM PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto mengatakan, program one man one hopeadalah penghimpunan sumbangan dari para karyawan PLN yang digunakan untuk pemasangan sambungan baru bagi masyarakat yang membutuhkan.

Jumlah dana yang terhimpun mencapai Rp134 juta lebih sehingga bisa pemasangan sambungan meter baru secara gratis sebanyak 184 pelanggan.

Pelanggan yang mendapatkan sambungan gratis itu, jelas dia, tersebar di Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Area Padang 87 kepala keluarga (KK), UP3 area Solok 38 KK, area Bukittinggi 29 KK dan UP3 Payakumbuh 30 KK.

Program one man one hope ini dapat dikatakan merupakan kegiatan sosial dari para karyawan PLN dalam membantu masyarakat untuk menikmati penerangan.

"Semoga dengan adanya program ini dapat dimanfaatkan sehingga bisa menikmati penerangan listrik dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,"ujarnya.

Jika selama ini, kata Bambang, mungkin warga hanya menikmati penerangan dengan lampu dinding atau lampu petromak, tapi setelah adanya sambungan gratis bisa mendapatkan penerangan yang layak.

Eksekutif Vice President Konstruksi Regional Sumatra Adi Lumakso mengatakan program ini diinisiasi oleh karyawan dan murni sosial untuk berbagi.

Menurut dia, program ini harus ditularkan ke wilayah lain sehingga dapat membantu masyarakat untuk dapat penerangan yang layak.

Secara pembayaran bulanan jelas lebih murah bila dibandingkan dengan masyarakat menggunakan lampu teplok atau petromak, tambahnya.

"Semoga ke depan program bisa dilaksanakan di daerah dan konsisten karyawan PLN memberikan sumbangan tetap berlanjut"ujarnya.

Warga Sarijon (30) seorang nelayan tampak terpancar senyum bahagianya karena dapat terpilih sebagai program penyambungan baru gratis dari PLN Area Padang.

"Terima kasih kami kepada jajaran PLN area Padang yang melakukan penyambungan baru gratis," ujarnya.

Selama ini, ungkap dia, sebagai penerang di rumahnya dan untukmenonton televisi dari hasil menyambung ke rumah tetangga dan biaya sekitar Rp70-100 ribu per bulan.

Pria yang hari-harinya bekerja sebagai nelayan itu, bertekad bisa untuk membayar tagihan bulanan listrik rumahnya tersebut.


Dalam kesempatan itu Yayasan BaitulMall PLNjuga menyalurkan sebanyak 50 paket sembilan kebutuhan pokok (Sembako) kepada masyarakat di Sungai Pisang.Manajemen PLN menyerahkan bantuan Sembako kepada warga Sungai Pisang dari Yayasan Baitul Mall PLN. (Ist)
 
Top