PILIHAN REDAKSI

Minimalisir Tindakan Kejahatan, Polres Payakumbuh Sasar Daerah Rawan Termasuk SPBU

INFO|Payakumbuh - Demi terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah hukumnya, Polres Payakumbuh gencar lakukan patroli di daerah-...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Tingkatkan Mitigasi Bencana Tsunami, BNPB Siapkan 4 Ribu Pohon


INFO (JAKARTA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sedang menyiapkan 4000 pohon jenis cemara udang dan pulai untuk ditanam di sepanjang pesisir pantai di Kota Padang sebagai salah satu upaya mitigasi bencana tsunami. Termasuk juga di daerah Kabupaten Pesisir Selatan dan Kota/Kab Pariaman.

"Untuk melindungi masyarakat dari hantaman tsunami, penanaman pohon ini perlu dilakukan terutama di daerah padat penduduk di pinggir pantai", ungkap Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo saat bertemu Wali Kota Padang Mahyeldi di Jakarta, Rabu (20/02/2019).

Lebih lanjut dikatakan, berbagai upaya mitigasi bencana gempa dan tsunami juga perlu dilakukan terutama menyiapkan generasi yang memiliki budaya kesiapsiagaan bencana. Serta infrastruktur mitigasi lainnya.

"Sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo saat Rakornas BNPB dan BPBD se-Indonesia beberapa waktu lalu di Surabaya, koordinasi dan konsolidasi semua pihak harus dibangun sejak dini untuk memperkuat kesiapsigaan terhadap bencana", ujar Doni.

Di kesempatan yang sama, Wali Kota Padang Mahyeldi menyampaikan kepada Kepala BNPB bahwa saat ini Kota Padang juga membutuhkan dukungan BNPB untuk membangun dan memperbanyak shelter di Kota Padang karena ada beberapa daerah padat penduduk di pinggir pantai yang belum memiliki shelter sama sekali.

Lebih lanjut dijelaskan, upaya Pemkot Padang dalam mitigasi bencana terus digalakkan melalui program Padang Cerdas Bencana. Termasuk sekolah sebagai tempat untuk menyiapkan generasi cerdas bencana. Begitu juga dengan program Keluarga Cerdas Bencana yang menitikberatkan pemahaman dan pengetahuan anggota keluarga tentang kesiapsiagaan bencana.

"Kita mengucapkan terimakasih atas dukungan BNPB dalam program mitigasi bencana dengan penanaman phon di pinggir pantai. Dan kita juga berharap dukungan BNPB dalam penambahan shelter di Kota Padang", tambah Mahyeldi yang didampingi Kepala Pelaksana BPBD Kota Padang Edi Hasymi dan Kepala Bappeda Medi Iswandi. (LL)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »