PILIHAN REDAKSI

Terkuaknya Kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang Antar Negara, Dua Pelaku Diamankan Satreskrim Polres Sijunjung

  Dua wanita pelaku kasus tindak pidana perdagangan orang antar negara diamankan di Polres Sijunjung. INFONUSANTARA.NET -- Jajaran Satreskr...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Padang Butuh Lahan Produksi Lebih


Infonusantara [PADANG] – Ditengah tingginya kebutuhan terhadap ketahanan pangan dan keamanan pangan, Kota Padang dihadapkan pada kondisi yang terbatas, salah satunya lahan produksi pertanian, serta pemasokan pangan yang masih bergantung pada daerah lain.
Hal ini dikatakan Walikota Padang Mahyeldi saat pembukaan Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Kota Padang 2017 di Aula Abu Bakar Ja’ar, Kamis, (23/11/2017).
Menyikapi hal itu, Mahyeldi menyarankan kepada operator perangkat daerah agar menghimbau kepada masyarakat agar dapat memanfaat lahan kosong disekitar rumah sebagai lahan produksi.
“Saat ini Kota Padang hanya bisa menyediakan pangan sekitar 30% sedangkan 70% persen didatangkan dari luar daerah. Oleh karena masyarakat diharapakan bisa memanfaatkan lahan produktif di sekililing rumah,” ungkap Ketua Dewan Ketahanan Pangan Kota Padang ini.
Disamping itu, pembinaan terhadap masyarakat juga sangat diperlukan terutama di masing-masing daerah yang membutuhkan ketersediaan bahan pangan di Kota Padang.
“Penanganan masalah pangan merupakan salah satu bentuk pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Untuk itu secara spesifik keberhasilan kinerja dewan ketahanan pangan dapat diukur dengan kemampuan menciptakan kondisi yang kondusif untuk masalah pangan ini,” tegasnya.
Sementara itu Kepala Dinas Pangan Kota Padang, Zalbadri, mengatakan, saat ini di Kota Padang masih ada dua kelurahan yamg masih terkendala dalam menyediakan bahan pangan ini. Yaitu, Kelurahan Bukit Gado-Gado Padang Selatan dan Kelurahan Bungus Padang Selatan.
“Di dua kelurahan ini masih rentan terhadap bahan pangan. Ini diakibatkan akses jalan yang susah. Selain itu juga sosial masyarakat yang kurang baik,” ungkapnya.
Ia menambahkan, sejauh ini Dinas Pangan Kota Padang sudah melakukan usaha melalui Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat dengan memberikan bibit tanaman berupa bibit manggis, pepaya dan benih ikan.
“Diharapkan ini mampu menunjang ketersediaan pangan di Kota Padang yang berbasis lokal, begizi dan berimbang, ”tutupnya. (Im7/Mg/LL)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »