PILIHAN REDAKSI

Dua Pelaku Kawanan Pencurian Berhasil Diringkus Polres Payakumbuh di Lokasi Berbeda

INFO|Payakumbuh - Tim "Gedor" Sat Reskrim Polres Payakumbuh berhasil menangkap dua pelaku tindak pidana pencurian yang terjadi pa...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Evaluasi Kinerja, Wako Fadly : OPD Belum Capai Target Serapan Anggaran di Beri Teguran

PadangPanjang,infonusantara.net - Dalam rekapitulasi laporan pelaksanaan APBD tahun anggaran 2020 terhadap capaian fisik dan keuangan di bulan Oktober, masih ada sebanyak tujuh OPD yang perlu mengejar realisasinya. 

Untuk total keseluruhan rekapitulasi laporan pelaksanaan APBD Kota Padang Panjang tahun 2020 terhadap capaian fisik berada minus di angka 0,01% dan capaian keuangan minus sebesar 11,53%.

Dalam hal ini Walikota Padang Panjang, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memaksimalkan realisasi penyerapan anggaran APBD tahun 2020.

"Saya lihat, ada beberapa OPD yang di apresiasi dalam artian sudah bagus, namun masih ada yang perlu dipenuhi. Jadi hal ini menjadi perhatian, mengingat tahun 2020 hanya tinggal satu bulan lagi," tegas Wako dalam Rapat Evaluasi Kinerja OPD bulan Oktober di Hall Lantai III Balaikota, Kamis (26/11/2020).

Kepada OPD yang belum tercapai target pencairan anggaran ini, sebut Wako agar dapat dievaluasi oleh tim evaluator dan di minta kepada Inspektorat untuk mengevaluasi kembali OPD yang telah merealisasikan anggaran, ujarnya.

"Kalau memang ada eksepsi kegiatan atau program yang memang ingin direvisi bisa disampaikan, agar efisiensi anggaran dapat dioptimalkan," sebutnya lagi.

Sementara Wakil Walikota Drs. Asrul mengatakan, saat ini sudah memasuki triwulan 4 tahun 2020. Semestinya saat ini sudah terealisasikan seluruh target yang telah ditetapkan. 

Untuk evaluasi di bidang pendapatan, belanja dan juga aset, sebut Asrul realisasi pendapatan di bulan Oktober itu sudah lumayan cukup tinggi. Untuk pajak daerah sudah mencapai 92,53%. Retribusi daerah sudah 85.08%. Sedangkan untuk belanja baru terealisasi sebesar 64,47%. Dan untuk laporan aset yang telah yang disampaikan  OPD, semuanya sudah lengkap dan tepat waktu.

“Mudah-mudahan pada akhir bulan November ini, sudah tercapai target. Dan bagi OPD yang tidak mencapai target akan diberi teguran,” ujar Asrul.

Rapat evaluasi ini, selain dihadiri wako-wawako, juga hadir Sekdako, Sonny Budaya Putra, AP, M.Si, asisten dan staf ahli, serta seluruh kepala OPD dan camat. 



Pewarta : Lala/kmf

Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »