Infonusantara.net, PADANG - Sedikitnya 20 orang desainer berbakat muda yang baru, kembali dihasilkan dalam malam grand final Minangkabau Fashion Festival (MFF) 2019, yang berlangsung di Hotel Kriyad Bumiminang, Kamis, (15/8/2019).

Ke-20 orang dikategorikan berdasarkan keahlian yang dimiliki mereka. Mulai dari desainer kategori kreasi busana pengantin tradisional Minangkabau, sang juaranya Maidoti, juara kedua diraih Putri Yulian Sari, dan juara tiga disematkan kepada Welly Andani.

Sementara itu Iping Oktapika dan Putri Ayudha Wareksi, merupakan pemenang harapan satu dan dua. Sedangkan, para pemenang desainer motif batik minang adalah Gabila Heira Muthia (juara 1), Abraham Ismen (juara 2), Vina Septya Utami (juara 3), Jhonnedi (harapan 1) dan Amrizal (harapan 2). Sedangkan, Riva Dwi Monica, Nindika Dwi Hendrika, Andini Dwi Hendrika, Hadiastuti Hamdi , Rizka Afriyuni merupakan para pemenang 1, 2, 3, harapan 1 dan 2 untuk kategori perlombaan kreasi baju muslim pesta. 
Sedangkan lima orang pemenang desain aksesoris minang modifikasi diraih, Elick Candra (juara 1), Hafiz Mustari (juara 2), Sumarli Eka Putra (juara 3), Kahirun Nisa (harapan 1), Ukedha My Ridha (harapan 2).
Artinya, Sumbar kembali melahirkan desainer muda berbakat yang baru. 

Hal itu sesuai dengan impian sang pencetus lahirnya MMF, Raizal ‘Buyung’ Rais pada 2015 lalu. Ketua Komunitas Desainer Etnik Indonesia (KDEI) asal Sumbar, melahirkan ide tersebut bertujuan memunculkan desainer baru yang muda, kreatif dan berbakat. Itu dilakukan melihat perkembangan feysen di tanah kelahirannya itu cukup berkembang dibandingkan daerah lain. Hingga sekarang sudah menghasilkan sejumlah desainer berbakat lainnya, seperti Doni Rahman, Oyong Reza dan Ilham Toid. Hasil rancangannya tak kalah bagus dari desainer ternama lainnya.

Malam grand final tersebut, Ketua Dekranasda Sumbar, Nevi Irwan Prayitno yang datang dengan pakaian berwarna merah, merasakan bangga, MFF kembali melahirkan desainer muda berbakat yang fresh mempunyai ciri khas. Sederet nama beken pun telah dihasilkannya. Hasil karya desainer baru tersebut, rencananya akan ditampilkan pada acara fashion show yang menasional di Jakarta dalam waktu dekat. Mereka menampilkan hasil karya mereka berupa baju muslim yang bisa dipakai untuk ke pesta, dan kreasi busana pengantin tradisional Minang.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian. “Peserta yang ikut dalam perlombaan ini cukup banyak. Dan tahun ini kita kembali melahirkan desainer muda berbakat,” katanya.

Dijelaskannya, tujuan MFF adalah mengapresiasi desainer-desainer muda agar mengenalkan hasil karyanya ke pasar nasional dan internasional.
Usai mengumumkan nama-nama pemenang, malam itu juga menampilkan hasil karya dari tujuh orang desainer ternama kebanggan Sumbar. Mereka adalah, Yadirsyah, Doni Rahman, Residona, Merona, Adith Tritama, Andri Tanzil dan Twinz Counture (Ricky dan Ricardho).

Dijelaskannya, MFF rencananya tahun depan juga kembali digelar, namun kegiatannya lebih besar. Dimana, hasil karya para pemenang lomba tak lagi ditampilkan di Jakarta, melainkan di Padang. (Inf/Joe)
 
Top