Infonusantara (PADANG) - Tim penilai lomba gerak PKK tingkat Provinsi Sumatera Barat menilai TP PKK Kelurahan Gunungpangilun, Kecamatan Padang Utara pada, Senin (7/5).

Bidang yang dinilai Tim Provinsi Sumbar ialah Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), sebut Lurah Gunungpangilun, Kecamatan Padang Utara, Andi Amir.

Menurutnya, Kelurahan Gunungpangilun mampu meningkatkan ekonomi kecil-kecilan masyarakat sini. Buktinya semua PKK memiliki usaha seperti kerajinan menjahit, UMKM dan lainnya. Usaha ini disalurkan ke mini market dan lain sebagainya. Sehingga PKK berkembang pesat dan juara pada 2017 tingkat Kota. Ia berharap, kelurahan Gunungpangilun lolos penilaian Provinsi nantinya.

Sementara, Tim penilai dipimpin Wakil Ketua Bidang Pokja, Azimah mengatakan Bidang yang dilombakan yaitu tertib Administrasi PKK, pencegahan KDRT,  penilaian lomba UP2K, pemanfaatan pekarangan dan penilaian lomba ivates.

Penilaian bertujuan untuk mengetahui kemajuan pencapaian 10 program pokok PKK serta kelemahan dan kendala yang menjadi bahan evaluasi untuk lebih baik ke depanya. “Sepuluh program pokok PKK sampai ke kegiatan terus menjadi pantauan dewan  pembina TP PKK Provinsi, " katanya.

Pemantauan dilakukan sampai ke kelurahan, hasilnya sudah tumbuh dan berkembang, teraplikasi kedalam realisasi program ditengah masyarakat.

Program PKK melalui UP2K yang digelontorkan kepada masyarakat menyangkut juga soal peningkatan ekonomi rumah tangga, semua itu sangat menunjang program pembangunan kota ke depannya” ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Padang, Wahyu Iramana Putra meminta kepada tim UP2K kelurahan agar terus menggandeng PKK melalui program yang digelontorkannya kepada masyarakat sehingga percepatan pembangunan makin dirasakan. "Sehingga bagi PKK kelurahan yang dinilai, saran dan kelemahan yang ditemui tim penilai perlu menjadi evaluasi untuk kemajuan lebih baik, " pungkasnya. (Inf)


 
Top