Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Ir. Asnel, M.Si mewakili Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Padang

Infonusantara [PADANG]
Pemerintah Kota Padang menyelaraskan rencana kerja perangkat daerah dengan usulan-usulan pembangunan dari masyarakat. Proses sinkronisasi pembangunan itu dibahas melalui Forum Perangkat Daerah Kota Padang yang digelar Senin (19/3/2018) di Hotel Pangeran Beach.

Forum ini dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Ir. Asnel, M.Si mewakili Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Padang. Dihadiri para Kepala Organisasi Perangkat Daerah beserta jajaran.

Menurut Asnel, forum ini merupakan salah satu rangkaian dalam penyusunan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah dan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dandokumen  Rencana Kerja (Renja) perangkat daerah Kota Padang untuk periode tahun 2019.

"Forum ini juga mencarikan titik temu antara Renja OPD yang berasal dari atas ke bawah atau top down dengan rencana kerja hasil musrenbang usulan atau bottom up planning," kata Asnel.

Dikatakan, semakin baik kualitas Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) kecamatan diharapkan semakin besar kemungkinan usulan - usulan program dan kegiatan yang dihasilkan dapat diakomodir dalam renja perangkat daerah.

Adapun, tahun 2019 adalah tahun kelima atau tahun terakhir dalam periode pembangunan jangka menengah Kota Padang. Dengan demikian pembangunan yang akan kita rencanakan di tahun tersebut haruslah merefleksikan target akhir pembangunan kota yang sesuai dengan RPJMD Kota Padang 2014 - 2019.

"Usulan program dan kegiatan 2019 dipastikan akan lebih terukur dalam memberikan dorongan pada capaian - capaian kinerja utama Pemko Padang seperti ditetapkan dalam RPJMD 2014-2019," kata Asnel.

Sekda mengapresiasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Kota Padang dengan nilai BB pada 2017 lalu. Dimana hanya dua kota di Sumatera Barat yang meraih nilai tersebut.

"Hasil ini tentu tidak lepas dari upaya dan komitmen seluruh kepala OPD. Kedepannya tentu harus lebih ditingkatkan lagi, untuk bisa meraih nilai A," tukasnya.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) Kota Padang Hervan Bahar mengatakan, agenda forum perangkat daerah hari pertama adalah pemaparan usulan pembangunan disampaikan camat. Selanjutnya pembahasan terkait usulan dan menentukan prioritas dan indikator serta anggaran pendanaan pembangunan.

"Pada akhir pembahasan dilakukan penandatanganan berita acara kesepakatan tersebut," terang Hervan.

Pada hari kedua, lanjut Hervan, difokuskan pada penetapan program dan kegiatan prioritas yang dibahas melalu tiga kelompok yang dibentuk dalam forum.

"Masing-masing kelompok sesuai dengan prioritas pembagunan, yaitu pencapaian target pembangunan ekonomi, pencapaian target pembangunan sosial budaya dan pencapaian target pembangunan infrastruktur," tukasnya.(th)
 
Top