Foto Bersama Pengurus dan anggota Dekopinda Padang 
Infonusantara (PADANG)- Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Padang dan pemerintah kota Padang harus bersinergi dalam melakukan pembinaan terhadap koperasi. Dekopinda harus bisa lakukan penguatan kelembagaan serta pembinaan kaderasisai pada generasi muda.

Pengurus Dekopin Wilayah Sumatera Barat, Mirwan Pulungan mengatakan, harus ada mainset pada koperasi yang sangat perlu kita lakukan saat ini,seperti 
koperasi- koperasi mahasiswa perlu kita bina, jadi proses regenarasi itu jalan. 

Bagaimana Dekopinda bisa melaksanakan diklat, pengembangan dan sosialisasi. Juga bagaiman koperasi yang sakit disehatkan, bukan dimatikan. Dengan adanya Dekopinda Padang diharapkan bisa menyikapi permasalahan koperasi. Sehingga koperasi bisa maju tumbuh kembang seiring kemajuan teknologi. Meningkatkan pelayanan dengan memanfaatkan teknologi sehingga aktifitas koperasi dapat dilakukan lebih efektif.

Siapapun yang ingin membentuk koperasi harus kita lakukan pembinaan dan asal jangan lari dari koridor pemerintahan atau aturan yang berlaku. Aktifitas koperasi harus terus dipantau dan didorong agar sehat dan berkembang." Kalau tidak kita yang mulai siapa lagi karena tanggungjawab pembinaan koperasi ada di tangan pemerintah dan Dekopin, " kata Mirwan Pulungan dalam prosesi menaiki kantor baru Dekopinda Kota Padang di Jalan Rasuna Said No. 84A, Senin (22/1)

Ketua Dekopinda Kota Padang Wahyu Iramana Putra dalam kesempatan itu mengungkapkan, di Kota Padang saat ini terdapat lebih dari 700 unit koperasi. Dekopinda akan melakukan koordinasi dengan Pemko Padang untuk melakukan penguatan kelembagaan koperasi yang ada.

“Ada sekitar 700 unit koperasi di Kota Padang. Dekopinda tengah menyusun program dalam rangka penguatan kelembagaan berkordinasi dengan Pemko Padang,” ujarnya.

Penguatan kelembagaan koperasi tersebut menurut Wahyu akan dilakukan melalui pembekalan dan pelatihan. Dia menegaskan, Dekopinda berkomitmen untuk memajukan koperasi di Kota Padang.

"Kita akan selalu meminta pandangan pendapat kepada ahlinya. Dengan demikian akan memberikan pembekalan pada kepengurusan Dekopinda agar bisa bersinergi dengan pemerintah, " ungkap Wahyu Iramana Putra yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Padang itu.

Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Koperasi Dinas Koperasi UKM Provinsi Sumatera Barat Donny Ubani mengungkapkan, Kota Padang memiliki koperasi terbanyak di Sumatera Barat.

“Dengan sebanyak 700 unit lebih koperasi, Kota Padang merupakan daerah dengan koperasi terbanyak di Sumatera Barat yaitu sekitar 60 persen dari total koperasi,” terangnya.

Ia juga menyampaikan, harapan kita Dekopinda beserta koperasi bisa  kerjasama kedepan dengan baik, kemudian bagaimana merubah KJKS menjadi koperasi sesuai aturannya. "Mohon fasilitasi bagaimana perubahan 104 KJKS di Kota Padang dapat dirubah menjadi KSPPS, " katanya.  

Dekopinda Kota Padang memiliki kantor kesekretariatan baru beralamat di Jalan Rasuna Said No.84A di kawasan komplek Telkom Kelurahan Rimbo Kaluang. Wahyu Iramana Putra menyebutkan, kepengurusan Dekopinda Kota Padang yang baru untuk periode 2018-2023 segera akan dilantik pada awal Februari mendatang.(In7)

 
Top