Petugas KPU bersama Petugas PPDP di Kecamatan Padang Selatan 
Infonusantara (PADANG) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang menurunkan semua Komisioner dan staf yang ada guna  melakukan gerakan serentak pencocokan dan penelitian (Coklit) daftar pemilih bersama PPK, PPS dan PPDP di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (20/1/2018), pelaksanaan Coklit ini terhitung 20 Januari hingga 18 Februari 2018.

Coklit di Pilkada 2018 adalah kegiatan yang dilakukan KPU di seluruh Indonesia jelang Pilkada maupun Pemilu. Kegiatan ini berbasis Data Potensial Penduduk Pemilih Pilkada/Pemilu (DP4) yang telah diserahkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) beberapa waktu lalu.

Koordinator Divisi Program dan Data KPU Padang, Yusrin Trinanda menyampaikan, pelaksanaan gerakan Coklit hari ini di Kota Padang, KPU menurunkan semua Komisioner dan staf yang ada, dibagi menjadi lima tim turun langsung ke 11 Kecamatan yang ada di Kota Padang.

"Pelaksanaan Coklit kelapangan dilakukan setelah menggelar apel siaga pada paginya, semua Tim langsung menyasar kepada beberapa elemen masyarakat seperti, Gubernur Sumbar, walikota dan wakil walikota Padang, akademisi, budayawan dan tokoh publik lainnya,"  jelas Yusrin.

Dikatakan,  untuk Kota Padang ada sebanyak 1.704 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) akan bekerja mendata 634.197 warga Padang yang tercatat dalam daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4). Untuk setiap harinya kita menargetkan minimal ada lima rumah didatangi petugas PPDP tersebut,” ujarnya.

Coklit ini dilakukan dengan metode sensus (dicacah satu per satu). Selain itu, PPDP juga diminta untuk sekaligus menyosialisasikan pemilihan walikota dan wakil walikota Padang pada pemilihan serentak 2018 nanti ke setiap warga yang ditemui. 

Lebihlanjut disampaikan, kita berharap partisipasi partai politik serta seluruh elemen masyarakat, ikut serta  mengawal proses Coklit ini berjalan sesuai ketentuan. "Sehingga apa yang diharapkan untuk data pemilih jadi akurat sekaligus sosialisasi pemilihan kepala daerah jadi tepat sasaran,” pungkasnya.(In7)

 
Top