Saribulih, Ketua Masjid Al -Quwait Banuaran Nan XX Kecamatan Lubeg 
Infonusantara (PADANG) - Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah akan melakukan launching berbagai program di Masjid Al Quwait, Kelurahan Banuaran Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Sabtu (27/1/2018) Ba'da Isya malam ini.

Beberapa program yang akan diperkenalkan itu diantaranya Tahfidz Quran, Gerakkan Sahur dan Buka Bersama, Puasa Senin Kamis, Badan Amil Zakat (BAZ), Gerakkan Literasi Masjid dan beberapa program lainnya.

Menariknya, launching dalam rangka pelantikan Pengurus Masjid yang baru saja terpilih itu, Mahyeldi juga didaulat sebagai penceramah Tabligh Akbar.

“Berbagai program ini diharapkan mampu menciptakan generasi yang cerdas dan berakhlak mulia. Mudah-mudahan program ini akan menjauhkan generasi muda dari berbagai penyimpangan sosial dan penyakit masyarakat,” ujar Ketua Masjid Al Quwait, Saribulih

Lebih dari itu, berbagai program yang dikemas tersebut bertujuan untuk lebih mendekatkan masyarakat dengan masjid. Seperti Gerakkan Sahur dan Buka Bersama Puasa Senin Kamis diharapkan tidak hanya untuk mendekatkan diri pada Sang Khaliq tapi juga makin membangun silaturrahim sesama muslim. Begitu juga dengan Gerakkan Literasi Masjid tidak hanya sekedar menjadikan masyarakat dan generasi untuk gemar membaca, tapi juga mereka lebih menyenangi berdiam di masjid sambil menambah pengetahuan melalui buku.

“Tidak bisa kita pungkiri, keberadaan smartphone telah menjadikan masyarakat muslim dan generasi muda khususnya bersifat individualistis. Walau mereka duduk berdampingan namun tidak pernah bertegur sapa, lantaran sibuk dengan gadget masing-masing. Namun dengan membaca, mereka juga akan berdiskusi dan bertukar pikiran,” ujar Saribulih yang juga Ketua RT 04 RW 11 Kel. Banuaran Nan XX ini.

Terkait ide keberadaan BAZ di masjid, Saribulih berharap akan mampu mengurangi kesenjangan ekonomi masyarakat. Apalagi saat ini kemiskinan di sekitar lingkungan Masjid Al Quwait termasuk cukup tinggi. Karena itu, zakat yang dibayar oleh mereka mampu akan disalurkan pada masyarakat, digunakan untuk kegiatan produktif.

 “Di sekitar masjid, masih banyak masyarakat yang kurang beruntung dari segi keuangan. Mereka ini akan dibantu melalui BAZ dan diupayakan membuka usaha sesuai dengan potensi yang mereka miliki. Apalagi saat ini, ada yang sudah punya usaha, namun terkendala keuangan. Mereka ini kita prioritaskan dalam penyaluran zakat agar mereka, pada akhirnya bisa mandiri. Langkah selanjutnya, kita juga akan dirikan Koperasi Syariah, demi peningkatan taraf ekonomi masyarakat,” ujarnya.

"Saat ini, masyarakat miskin sudah butuh perhatian. Mereka ini para buruh, pegawai lepas dan para janda. Belum lagi yang akan jadi miskin lantaran usahanya tidak bisa berkembang lantaran kekurangan modal. Ini yang perlu jadi perhatian agar mereka tidak terjebak oleh para lintah darat dengan memberi pinjaman bunga tinggi," ujarnya.

Saribulih mengaku juga akan menghadirkan Ketua BAZNAS Padang, Kabag Kesra Kota Padang dan beberapa pejabat lainnya. "Insya Allah Ketua UPI YPTK, Bapak H. Herman Nawas juga akan hadir. Sekaligus menyerahkan Al Qur'an dan buku buku agama untuk Pustaka Masjid. Alhamdulillah, melalui WAG, juga sudah ada yang menyumbang untuk Pustaka Masjid kemarin. Baik dalam bentuk uang tunai maupun buku. Malahan mereka yang menyumbang, berasal dari  Pekanbaru, Jakarta dan beberapa daerah lain," ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Padang, Drs. H. Muhidi MM sangat mendukung program yang akan digulirkan oleh Pengurus Masjid Al Quwait. Menurutnya, berbagai program tersebut tidak hanya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat. Namun lebih dari itu, hal ini juga membentingi generasi muda dari pengaruh negatif globalisasi.

“Mudah-mudahan program ini berjalan secara maksimal, demi mengembalikan marwah Minangkabau. Ini merupakan suatu upaya untuk menciptakan program pemerintah Sumbar yang telah didengungkan, yakni Gerakkan Kembali ke Surau,” ujarnya.

Sementara Camat Lubuk Begalung, Rosail Akhyari sangat mengapresiasi berbagai program yang akan ditelurkan ini. Menurutnya, ini merupakan program yang mesti ditindaklanjuti karena sangat selaras dengan visi dan misi serta program pembangunan Kota Padang.

Kegiatan ini juga akan dihadiri Wakil Ketua DPRD Padang, Asrizal, Anggota DPRD Masrul dan Budiman. (Rel)
 
Top