PILWAKO PADANG 2018 - Komisioner KPU pusat Wahyu Setiawan didampingi Wakil Walikota Padang Emzalmi menabuh tambua tanda dimulainya tahapan Pilwako Padang 2018 disertai pelepasan balon Pilwako ke udara oleh Ketua KPU Padang M. Sawati. (bbg)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil walikota Padang 2018, sekaligus Rumah Pintar Pemilu di halaman Kantor KPU Padang, Sungai Sapih, Jumat (29/9).

INFONUSANTARA.PADANG --Kegiatan itu dilaksanakan sebagai tanda dimulianya tahapan kegiatan untuk mensosialisasikan pemilihan walikota dan wakil Walikota Padang yang akan berlangsung pada 27 Juni 2018 mendatang.

Peluncuran tahapan Pilwako Padang itu dilakukan Komisioner KPU pusat Wahyu Setiawan, didampingi Wakil Walikota Padang Emzalmi. Serta pelepasan balon ke udara oleh Ketua KPU Padang M. Sawati.

Launching Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padang itu turut dihadiri oleh Ketua KPU Sumbar Amnasmen, Anggota KPU Sumbar Wakil Walikota Padang, Bawaslu Sumbar, pimpinan partai politik dan Forkopimda Padang serta undangan lainnya.

Wahyu Setiawan menyatakan, Pilkada Padang merupakan satu dari empat Pilkada di Sumbar. Pemilihan serentak tahun 2018 diselenggarakan 171 daerah seluruh Indonesia 17 Provinsi, 39 Kota, dan 115 Kabupaten.

"Penyelenggaraan Pilkada serentak ini merupakan tantangan bagi KPU untuk bekerja secara profesional dan independen," katanya.

Ketua KPU Sumbar Amnasmen mengatakan ada empat kota yang melakukan penyelenggaraan pemilihan serentak yakni Kota Sawahlunto, Kota Padang, Kota Pariaman, Kota Padang Panjang. Hari pemilihan serentak secara nasional 27 Juni 2018.

“KPU Kota Padang agar bisa menjaga Indepedensi dan netralitas dalam pelaksanaan Pemilihan Serentak,” ujar Amnasmen.

Sementara Wakil Walikota Padang Emzalmi mengajak Peran aktif masyarakat dalam mensukseskan pemilihan walikota dan Wakil Walikota Padang 2018 mendatang. Dia juga mengajak para pemilih pemula untuk segera mengurus kartu identitas diri sehingga nanti bisa ikut berpartisipasi menyalurkan hak suara dalam proses demokrasi.

“Peran serta semua pihak di kota ini sangat menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemilihan” ujarnya.

Ketua KPU Padang M. Sawati mengatakan untuk pelaksanaan tahapan Pilwako ini, mendapat dukungan dari Pemko Padang dan DPRD, dimana telah ditandatangani MoU anggaran sebesar Rp37 miliar lebih. 

"Kami tentunya berharap dukungan semua elemen masyarakat. Keberhasilan penyelenggaran Pilwako tentu tak terlepas dari peran serta semua pihak," katanya.(bbg)


 
Top