Infonusantara.PADANG - Dalam waktu dekat Dinas Pekerjaan Umum (PU) Padang rencanakan perbaikan saluran drainase di Kelurahan Kampung Pondok Kecamatan Padang Barat, khususnya saluran drainase yang berada di dalam rumah warga pasar tanah kongsi

Hal itu terungkap ketika Kepala Bidang Pemanfaatan Sumber Daya Air (PSDA) PU Padang Fadel melakukan tinjauan ke Pasar Tanah Kongsi yang langsung didampingi anggota DPRD Kota Padang Iswanto Kwara beserta Hingky Victor Ketua RT01/RW04 Tanah Kongsi Kelurahan Kampung  Pondok.

"Kabid PSDA PU Padang Fadel, mengatakan, kita dari Dinas Pekerjaan Umum(PU) Padang memang salah satu program yang menjadi prioritas adalah penanganan drainase. Saat ini kita prioritaskan untuk kawasan Padang Barat, Padang Utara, "ujarnya, Jum'at( 10/2) siang disela peninjuan dikawasan pasar tanah kongsi Kelurahan Kampung Pondok Kecamatan Padang Barat.

Fadel menyampaikan, dalam waktu dekat aliran drainase dibawah rumah warga dan saluran tersier di belakang pasar tanah kongsi Kelurahan Kampung Pondok akan segera kita benahi. Kita sudah melihat kelokasi langsung, memang untuk saluran drainase di Tanah Kongsi ini agak unik karena termasuk kawasan kota tua. Ada aliran drainase yang berada dalam rumah masyarakat dan itu sudah ada sejak zaman Belanda. Hal ini mungkin berbeda dari tempat  lainnya, namun secara teknis pengerjaannya tetap sama nantinya.

Kita akan lakukan secepatnya pada bulan depan (Maret,red) akan dilakukan perbaikan saluran drainase yang berada di dalam rumah warga tersebut. Perbaikan nantinya ada sekitar 140 meter yang anggarannya diambil dari dana aspirasi salah seorang anggota DPRD Padang Bapak Iswanto Kwara, " ungkap Fadel.

Iswanto Kwara anggota DPRD Kota Padang dari fraksi PDIP mengatakan, masalah banjir di kota Padang memang masalah klasik sudah terjadi sejak sekian lama. Saat ini Pemko Padang prioritaskan untuk untuk drainase, untuk itu kita harapkan normalisasi drainase menjadi sesuatu yang harus secepatnya dilakukan.

Lebihlanjut disampaikan, mengenai masalah banjir ini, semenjak awal menjadi anggota DPRD Padang 2014 lalu saya sudah memperjuangkannya untuk perbaikan drainase kawasan Pondok ini. Melalui dana aspirasi dewan, saya fokuskan di tiga kelurahan yakni Kelurahan Kampung Pondok, Kelurahan Berok Nipah dan Kelurahan Belakang Tangsi. Untuk anggarannya karena tahun lalu program drainase tidak tekerjakan, maka untuk tahun ini melalui anggaran aspirasi dihibahkan sebesar 1 miliar, " sebut Iswanto.

Untuk kegiatan yang lainnya juga ada kita lakukan seperti betonisasi jalan, namun saat ini lebih fokus dulu untuk drainase disini dan di 2018 kita akan lakukan normalisasi drainase. Saya berharap dengan cepat tanggapnya melalui Kabid PSDA PU Padang yang baru sekarang ini, semoga permasalahan di tanah kongsi Kelurahan Kampung Pondok ini bisa segera direalisasikan, "ungkapnya.

Sementara Ketua RT 01/RW 04 Tanah kongsi Kelurahan Pondok, Hongky Victor mengatakan, permasalahan banjir didaerah ini memang sudah cukup lama.”Sebelumnya kita sudah menyampaikan permasalahan ini melalui Musrembang tingkat Kelurahan dan Kecamatan, namun tidak ada realisasi dari sana.  Kemudian kita melanjutkannya ke Musrembang tingkat Kota dan disana ada titik terangnya, namun kita sayangkan hasilnya belum juga terealisasikan hingga kini,”katanya.

Ada sekitar 60KK di kawasan ini, semuanya  betul-betul sudah sepakat agar pengerjaan perbaikan drainase segera dilaksanakan. “Tidak ada warga saya yang menolak, kami sudah terlalu lama dan jenuh dengan keadaan banjir yang sudah jadi langganan setiap kali hujan menguyur kota Padang. Semoga dengan dilakukannya peninjauan oleh anggota DPRD Padang serta Kabid PSDA PU Padang kali ini, harapan kami dari warga tanah kongsi Kelurahan Pondok dapat segera terwujud, " ungkapnya(im7)
 
Top