Infonusantara.PADANG - Dalam Musyawarah Rencana Pembangunan(Musrenbang) di Kecamatan Pauh,selain pengembangan jalan, masyarakat Pauh membutuhkan penambahan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas)  dan bangunan Sekolah Dasar (SD).

Walikota  Padang Mahyeldi Ansharullah dalam kesempatan. Itu menyampaikan, "mestinya penambahan Puskesmas dan bangunan SD harus ada dalam perencanaan di Kecamatan Pauh karena masih ada SD yang beroperasi dua shift, "ujar Walikota  pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang)  Kecamatan Pauh di Gedung Perpustakaan Univeversitas Andalas, Kamis (16/2).

Dikatakan Pemerintah Kota Padang melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan mengakomodir pembangunan tersebut, terlebih bila diusulkan warga.

"Memang tidak langsung bisa direalisasikan, paling tidak usulannya sudah masuk dan dibuat perencanaannya sehingga tahun depan sudah bisa dianggarkan, " jelasnya.

Selain itu, Walikota juga menekankan agar camat melihat peluang kerjasama dengan perguruan tinggi (Unand) dalam berbagai hal,  misalnya pertanian dan kesehatan. Kerjasama juga berupa pembinaan Usaha Kecil Menengah dan kebudayaan.

"Banyak yang bisa dikerjasamakan karena dekat dengan lingkungan perguruan tinggi. Misalnya kerjasama pembinana usaha, kebudayaan,  kesehatan dan pertanian, " ungkap Mahyeldi.

Sementara itu,  Camat Pauh Yefri menyebut,  pada Musrenbang untuk 2018, warga mengusulkan pembangunan fisik berupa pengembangan jalan dan drainase. Sedangkan pembangunan non fisik berupa pembinaan pengembangan usaha guna meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Usulan untuk pembangunan fisik berupa jalan sangat diperlukan untuk akses warga yang lebih baik, " sebut Camat Pauh tersebut.

Ia menambahkan,  potensi yang bisa dikembangkan di Kecamatan Pauh, diantaranya pariwisata dan kebudayaan. Untuk pariwisata,  Pauh memiliki beberapa lokasi yang Indah seperti Sikayan Balumuik, Lambung Bukik dan kawasan kampus Unand sendiri.

"Ia juga mengatakan potensi wisata di beberapa lokasi bisa dikembangkan begitu juga kebudayaan yang unik di Kecamatan Pauh, "ungkapnya. (im7/Tf).
 
Top