Infonusantar.PADANG -- Warga Kelurahan Parak Gadang Timur, Kecamatan Padang Timur cukup berbangga dengan kegiatan senam pagi tiap minggunya yang sudah berjalan selama tiga tahun. Disamping untuk kesahatan kegiatan itu juga sebagai ajang menjalin silahturahmi sesama warga serta wadah untuk penyampaian asprisi warga.

Dari pantauan padangmedia.com, terlihat semangat serta antusias warga Kelurahan Parak Gadang Timur mengikuti kegiatan senam pagi. Tidak itu saja, pada senam pagi tersebut juga dihadiri oleh Afrizal Aminuddin Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dapil Padang, anggota DPRD Padang Helmi Moesim, Zulbahri Sekretaris Camat Padang Timur, Azmi Ketua RW setempat serta  petugas kesehatan dari Puskesmas Andalas, Minggu (19/2) pagi.

Saya apresiasi dengan kegiatan senam rutin setiap minggu yang di adakan di Kelurahan Parak Gadang Timur ini. Ini merupakan suatu kegiatan yang sangat positif sekali, kegiatan ini harus bisa dipertahankan serta ditingkatkan lagi. Hal itu disampaikan Afrizal Aminuddin anggota DPRD Sumbar usai mengikuti senam pagi di Aia Mati, Aurduri I Kelurahan Parak Gadang Timur.

"Lebih lanjut disampaikan, kegiatan ini tidak saja bermanfaat untuk kesehatan warga itu sendiri, namun juga untuk lebih mengeratkan hubungan silahturahmi warga. Secara tidak langsung dengan adanya kegiatan senam pagi ini, warga juga bisa menyampaikan aspirasinya, karena kegiatan senam pagi ini juga merupakan binaan salah seorang anggota DPRD Padang Helmi Moesim yang saya nilai sangat aktif ditengah masyarakat, " pungkas Anggota DPRD Sumbar dari Partai Golkar tersebut.

Sementara Helmi anggota DPRD Kota Padang mengatakan, Aktifitas rutin senam pagi oleh warga Kelurahan Parak Gadang Timur, Kecamatan Padang Timur menjadi ajang berkumpulnya warga, disamping menjadikan tubuh sehat sekaligus menjadi wadah tempat bertukar pendapat.

Helmi juga menyampaikan, melalui kegiatan senam pagi rutin tiap minggu pagi ini, saya juga bisa menerima aspirasi warga. Dalam kegiatan juga terlibat kader - kader Posyandu, kader UMKM, PAUD, RW, RT.  Ya bisa dikatakan tidak hanya melalui agenda reses kedewanan saja, tapi  dengan kegiatan ini bisa juga dikatakan reses setiap minggu bertemu dengan warga.

"Saya beserta warga juga mengucapkan terimakasih atas kepedulian Puskesmas Andalas dam jajarannya dalam melayani serta sosialisasinya terhadap warga Kelurahan Parak Gadang Timur ini, " kata Helmi.

Sementara Azizah ketua senam mengatakan, kegiatan senam pagi ini sudah berjalan selama tiga ditahun dibawah binaan Bapak Helmi Moesim serta Ketua RW Bapak Azmi. Rencananya Maret depan kita akan adakan peringatan perayaan ke tiga tahunnya senam pagi di Kelurahan Parak Gadang Timur ini.

"Ia juga menyampaikan dengan adanya senam ini kita tidak repot mengumpulkan warga untuk cek kesehatan. Kegiatan cek kesehatan ini dilaksanakan pada minggu ketiga setiap bulannya yang diberi nama Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Parak Gadang Timur (Pagati) Sehat yang dibantu oleh Puskemas Andalas , " ujarnya.

Usai senam pagi terlihat warga melakukan pengecekkan kesehatan, yakni cek tensi darah, cek gula darah, cek kolestrol. Setiap warga yang ikut pengecekkan ada ripotnya ( catatan rutin) by name by adres. Serta juga terlihat adanya pemeriksaan karbon dioksida dalam darah bagi perokok oleh petugas kesehatan Puskesmas Andalas.(BI).
 
Top